Iptek dan Lingk. Hidup

Tidak ditemukan beras plastik

JAKARTA, KOMPAS.com-Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengumumkan hasil tes laboratorium terhadap beras yang diduga mengandung plastik. Beras yang ditemukan di Bekasi, Jawa Barat, itu dipastikan bukan beras plastik.
“Hasil pemeriksaan di Labfor Polri, BPOM, Kemendag, dan Kementan, itu negatif. Artinya, tak ada unsur plastik dari hasil pemeriksaan laboratorium,” ujar Badrodin dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Hari ini, Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas bersama dengan Kapolri, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparingga. Di dalam pertemuan itu, hasil uji laboratorium dipaparkan.

Menurut Badrodin, kepolisian langsung bergerak begitu mengetahui ada seorang warga Bekasi yang mengaku mendapat beras plastik. Kepolisian mengambil sampel beras mentah dan beras yang sudah dimasak untuk diuji di Labfor Polri dan BPOM.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bekasi juga mengambil sampel yang sama terlebih dulu dan kemudian diserahkan kepada laboratorium Sucofindo. Namun, hasilnya justru positif. Sucofindo menyimpulkan bahwa beras itu mengandung unsur plastik.

Lantaran ada hasil yang berbeda, Badrodin menyatakan bahwa kepolisian kemudian meminta sampel yang diuji oleh Suconfindo. Hasilnya kembali negatif dan dipastikan beras itu bukanlah beras plastik.
Hasil uji ini diperkuat hasil uji lab-BPOM, Kemendag, hingga lab-Kementan.

“Karena itu, kami simpulkan beras diduga plastik tidak ada. Saya imbau masyarakat tidak resah,” ujar Badrodin. (Sabrina Asril; Sandro Gatra; http://nasional.kompas.com/read/2015/05/26/17551671/Kapolri.Hasil.Tes.Negatif.Tidak.Ada.Beras.Plastik)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close