Iptek dan Lingk. HidupTELKOMGrup dan SEKAR

Membangun 100 Techno park di Indonesia

Pemerintah akhirnya merilis rencana pembangunan 100 taman teknologi (techno park) di seluruh Indonesia. Taman2 itu akan meniru konsep Bandung Techno Park (BTP) kepunyaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom).

BTP, seperti juga Universitas Telkom, berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). BTP menjadi andalan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu untuk melakukan riset dan pengembangan produk-produk inovatif.

Rencana pemerintah disambut hangat para pelaku usaha rintisan teknologi (start up). Pendiri dan Direktur Pemasaran PT Kinest Kreatif Ideata (Kakatu) Muhamad Nur Awaludin menilai pemerintah memang harus terlibat dalam membantu menumbuhkan ekosistem digital. “Selama ini sokongan itu datang dari swasta,” ujarnya, baru-baru ini.

Awaludin mengatakan konsep taman teknologi seperti BTP di Bandung efektif untuk menjaring anak muda yang ingin mengembangan usaha digital. Dia mengaku menjadi bagian dari kawasan inkubasi tersebut.

Dari 100 taman, sembilan taman teknologi rencananya akan dibangun oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). BPPT akan menyiapkan dana Rp95 miliar untuk taman teknologi yang dibangunnya.

90 taman teknologi lain akan dibangun oleh perusahaan pelat merah, Pemda, dan perguruan tinggi. Taman teknologi akan dikelola secara profesional sebagai pusat pengetahuan dan teknologi. Selain itu, tempat itu akan menjadi wadah pelatihan dan advokasi bisnis. (http://www.telkom.co.id/pemerintah-bangun-100-techno-park-di-seluruh-indonesia.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close