YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Bermasalah dengan asam urat?

Mencegah dalam artian mencari cara agar kadar asam urat dalam tubuh tidak melonjak. Menjaga agar kadar asam urat tidak meningkat adalah bagian penting dari target jangka panjang mencegah asam urat berlebih

 

Asam urat sebenarnya ada secara alami di dalam tubuh, jumlahnya bisa meningkat karena faktor dari luar, misalnya makanan. Ada beberapa trik agar asam urat tidak melejit jumlahnya yaitu :

 

Menghindari makanan yang kaya purin

Tukar dengan makan rendah purin atau yang kadar purinnya sedang-sedang saja.

 

Minum banyak air

Teutama minuman diinoisasi atau yang mengandung mineral. Minumlah 8-12 gelas sehari. Kurangi konsumsi air alkalin dan jangan minum air berbaking soda, sebab mengandung banyak garam.

 

Minum susu dan jus jeruk

Menurut beberapa riset, susu menurunkan kadar asam urat. Jika Anda potensial menderita asam urat, risikonya dapat diturunkan bila minum segelas susu setiap hari. Satu gelas susu dapat menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL. Demikian pula dengan jus jeruk, walau kedigdayaannya sedikit di bawah susu.

 

Santap ceri, seledri, stroberi

Makan buahnya atau minum jusnya. Semuanya mengandung komponen yang mampu memerangi asam urat. Beberapa pasien melaporkan, rasa nyeri karena asam urat langsung hilang karena ceri. Buah beri juga bisa membantu pencegahan. Empat besarbuah beri yang disarankan adalah elderberi, stroberi, bluberi, dan bilberi. Semuanya dapat mencegah asam urat karena kaya antioksidan, berpurin rendah, dan tidak terlalu asam.

Turunkan berat badan

Jika Anda termasuk kelebihan berat, sebaiknya turunkan berat badan. Penurunan berat badan adalah tip paling penting dalam pencegahan asam urat, meski yang paling sulit dilakukan.

 

Minum vitamin C

Asupan vitamin C sebanyak 500 mg setiap hari dapat membantu mencegah asam urat.

Penderita asam urat sebaiknya

  1. Memakai baju hangat jika cuaca sedang dingin.
  2. Memastikan tekanan darah pada level normal
  3. Menghindari dehidrasi
  4. Menghindari perut kosong dalam waktu lama
  5. Berolah raga, tetapi hindari latihan berat. (Sumber : Gaya Hidup Sehat edisi Tahun XII No. 41; http://www.yakestelkom.or.id/index.php?option=article&id=259)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close