Iptek dan Lingk. Hidup

Modernisasi panjat kelapa

David Bobihoe Akib Bupati Gorontalo, menguji coba alat pemanjat kelapa modern, yang disalurkan Pemda pada masyarakat yang berprofesi pemanjat kelapa. “Alat ini hasil karya Dinas Pertanian yang memudahkan pemanjat kelapa untuk memetik buah kelapa,” kata David di Gorontalo, (15/9).

Alat itu dibuat dari besi ringan, namun kokoh, bertuas dan dilengkapi tempat duduk yang dipasang tali pengikat. “Saya berharap, alat ini akan menaikkan status para pemanjat kelapa yang selama ini dinilai melakoni profesi rendahan, sehingga mereka bisa menjadi pemanjat profesional,” ujarnya.

Potensi buah kelapa di daerah ini cukup besar, karena ditunjang luas lahan perkebunan yang mencapai lebih dari 5.000 hektare, serta keberadaan pabrik pengolahan tepung kelapa yang akan menampung bahan baku dari petani lokal.

Nilai jualnya tinggi, kelapa utuh biasa dijual Rp 500 / buah di tingkat petani, kini jadi Rp 1.000-Rp1.500 per buah. Di pasaran tradisional, harga kelapa Rp 2.000-Rp 3.000/buah. Kelapa parut Rp 3.000-Rp 10.000 per buah, tergantung ukuran. (Penulis: /FIR; Sumber:Antara; http://www.beritasatu.com/nasional/210074-bupati-gorontalo-uji-coba-alat-pemanjat-kelapa-modern.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close