Kesehatan

Pengiklan wafat terkait rokok

LOS ANGELES, KOMPAS.COM — Eric Lawson, pemeran pria Marlboro berwajah keras-tegas dalam iklan rokok pada akhir tahun 1970-an, meninggal diusia 72 tahun. Lawson wafat 10/01/14 di San Luis Obispo, AS, karena gagal pernapasan terkait penyakit paru obstruktif kronik (COPD), kata istrinya, Susan Lawson, (26/1/14).

Lawson merupakan aktor, untuk acara TV seperti Baretta dan The Streets of San Francisco, ketika disewa untuk iklan cetak Marlboro 1978-1981. Dia berperan antara lain dalam film Charlie Angels, Dynasty, dan Baywatch. Istrinya mengatakan, cedera yang dialaminya saat membuat film mengakhiri kariernya tahun 1997.

Dia menjadi perokok sejak usia 14 tahun. Namun, Lawson muncul dalam sebuah iklan anti-rokok yang memarodikan pria Marlboro dan sebuah segmen “Entertainment Tonight” untuk membahas efek negatif rokok.

Susan mengatakan, suaminya bangga dengan wawancara itu, meskipun dia merokok pada saat itu dan melanjutkan kebiasaan tersebut sampai didiagnosis menderita COPD. “Dia tahu rokok menggerogotinya,” kata Susan. “Dia tahu. Namun, ia masih tidak bisa berhenti.”

Sejumlah aktor dan model yang pernah jadi bintang iklan rokok Marlboro meninggal karena penyakit yang bertalian dengan rokok. Mereka : David Millar, meninggal 1987 karena emfisema (kondisi ketika kantung udara paru rusak dan membesar sehingga membuat orang susah bernapas), dan David McLean, yang meninggal karena kanker paru-paru pada tahun 1995.

Adapun Lawson punya 6 anak, 18 cucu, dan 11 cicit. (Kunto Rongamadji; http://internasional.kompas.com/read/2014/01/28/1211491/.Marlboro.Man.Meninggal.karena.Penyakit.Terk)-Aguk

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close