YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Perbaiki Daya Tahan untuk DB

Memperbaiki daya tahan tubuh membuat kita terhindar dari penyakit akibat virus, termasuk virus demam berdarah yang mengancam pada musim menjelang kemarau. Membangun emosi positif, memperbaiki pola makan, OR dan istirahat cukup, dan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh adalah kunci yang harus dipegang setiap hari

Jika ada dua orang yang sama-sama terserang virus DB, jika yag satu daya tahan tubuhnya baik, ia akan tetap sehat. Sementara satu orang lainnya, jika daya tahan tubuhnya lemah, ia akan memperlihatkan tanda-tanda terserang DB.

Berikut cara agar kita memiliki daya tahan tubuh yang baik:
Perkuat Emosi Positif
Ada beragam bentuk emosi positif, emosi positif yang bersifat riang antara lain kegembiraan, antusiasme, dan kebahagiaan. Entuk emosi positif lainnya adalah perhatian, misalnya kewaspadaan, konsentrasi dan determinasi.

Berbagai emosi positif tersebut bisa berkombinasi dengan emosi positif lainnya, sehingga menjadi kekuatan yang luar biasa bagi seseorang untuk menggerakan hidupnya menjadi positif pula. Dengan demikian daya tahan tubuh juga akan senantiasa terjaga kuat.

Tingkatkan Kekebalan
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, para ahli nutrisi biasanya menyarankan untuk memperbaiki pola makan. Kita tahu tubuh tiap hari membutuhkan 40-an jenis nutrisi. Setiap hari kita harus memperhitungkan kecukupan vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak, serat, dan cairan bagi tubuh kita, yang bila dirinci berjumlah 40-an macam zat gizi dan non-gizi itu.

Dengan demikian, kita tidak dapat mengandalkan menu makan favorit setiap saat karena asupan yang monoton, itu-itu saja akan menyebabkan kita kekurangan gizi.

Olahraga dan Istirahat yang cukup
Daya tahan tubuh yang baik tidak akan diperoleh tanpa olahraga dan istirahat yang cukup. Manfaat latihan fisik telah dibuktikan secara ilmiah meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga membantu peredaran darah yang mengangkut zat-zat nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh itu menjadi lancar dan teratur.

Lakukan latihan 4 atau 5 kali seminggu tidak dalam waktu nerturutan. Setiap kali berlatih 30-45 menit saja. Jika belum dapat mencapainya, lakukan secara bertahap. Para pakar bidang kesehatan olahraga sepakat jalan kaki tergopoh-gopoh merupakan olahraga paling efektif untuk mendapatkan kebugaran.

Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang baik, kita membutuhkan kontribusi tidur atau istirahat yang juga cukup. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mereka yang waktu tidurnya tidak memadai lebih mudah terserang penyakit akibat virus dibandingkan dengan mereka yang tidurnya cukup. Waktu tidur yang cukup yaitu berkisar antara 7-8 jam sehari. (Sumber: Gaya hidup sehat no.563 dan http://www.yakestelkom.or.id)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close