Iptek dan Lingk. Hidup

Kisah Jembatan dibangun 11 tahun di Sulawesi

Manado, detiKawanua.com – Meko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani dengan didampingi Menteri PU Basuki Hadi Muldjona, meresmikan Jembatan Ir Soekarno di Kota Manado, Kamis (28/05) sore.

Tiba di lokasi pukul 13.15 WITA, Menteri Puan disambut tarian Kabasaran dan Cakalele Khas Minahasa. Sebelum meresmikan Jembatan terpanjang di Sulut ini, Puan memberikan Sambutan di depan Menteri Basuki, Wagub Sulut Dr Djouhari Kansil, Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut, dan pejabat daerah lainnya.

Selanjutnya, Puan menandatangani Prasasti Peresmian Jembatan dengan panjang 1127 meter ini, dan dilanjutkan dengan pelepasan Balon Merah dan Putih serta dua ekor burung merpati olehnya bersama Menteri PU Basuki.

Dalam sambutannya, Puan Maharani berharap, Jembatan bernama kakeknya ini, menunjang perekonomian daerah Nyiur Melambai. “Saya berharap Jembatan ini menunjuang Perekonomian Kota Manado, serta menjadi sarana akses transportasi di tengah kota yang dapat membantu Masyarakat.

Meski peresmian ini tidak dihadiri Presiden, namun Menteri PMK ini dimandatkan Presiden khusus untuk meresmikan Jembatan Ir Soekarno ini. “Presiden menugaskan saya khusus meresmikan Jembatan spesial ini. Karena saya merupakan anak dari Megawati Soekarno Putri dan Cucu dari nama jembatan ini,” ujar Puan.

“Artinya, hal ini merupakan momen bersejarah yang bukan hanya ditunggu-tunggu oleh Masyarakat Indonesia khususnya Sulawesi Utara, namun ini juga momen yang ditunggu-tunggu oleh keluarga Ir Soekarno sang Proklamator Bangsa,” tambahnya.

Seperti diketahui, Jembatan yang menjadi Ikon baru warga Manado ini, sudah cukup lama ditunggu-tunggu. Pembangunan jembatan ini memakan waktu cukup lama, yakni 12 tahun sejak peletakkan batu pertama pada tahun 2003 oleh Megawati Soekarno Putri yang menjabat Presiden RI di masa itu.

Kendala teknis dalam APBN, menjadi alasan masuk akal sehingga berimbas pada lamanya pembangunan jembatan ini, yang memakan total anggaran negara kurang lebih sebesar 300 Milyar rupiah ini. (Rafsan Damopolii; http://www.detikawanua.com/2015/05/cucu-kandung-soekarno-resmikan-jembatan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close