TELKOMGrup dan SEKAR

Banyuwangi kini bisa dijelajahi lewat genggaman

Liputan6.com, Banyuwangi – Telkomsel bekerja sama dengan Kabupaten Banyuwangi meluncurkan aplikasi mobile “Banyuwangi in Your Hand” untuk membantu pengembangan Smart City Kabupaten Banyuwangi.

Aplikasi ini sudah menggunakan teknologi terbaru Augmented Reality. Teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan atau tiga dimensi, ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi (3D) lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real time.

Dengan teknologi ini, misalnya, saat kita sedang‎ melihat majalah atau berada di jalan, objek yang kita lihat tidak hanya akan menampilkan tulisan dan foto, tetapi juga video dan suara tentang objek tersebut.

“Aplikasi ini dikembangkan oleh Telkomsel, sebenarnya dibuat untuk KAA (Konferensi Asia Afrika), launching-nya disaksikan 119 kepala negara,” kata Yudi C. Anwar, General Manager Marketing Intelligence Telkomsel di Banyuwangi‎, Jumat (5/6/2015).

Ini aplikasi turunan kedua dari aplikasi induk Indonesia in Your Hand. Turunan pertama, Bandung in Your Hand yang diluncurkan lebih dulu Maret 2015. Menkominfo Rudiantara, lanjut Yudi, saat di KAA memuji aplikasi ini sangat bagus dan seharusnya bisa menjadi percontohan untuk kota-kota di Indonesia.

Telkomsel beralasan kenapa membuat aplikasi ini. Operator seluler terbesar itu ingin layanan 4G bukan ‎cuma sebatas menawarkan akses saja tetapi juga konten. Karena itu Telkomsel gencar mengembangkan aplikasi dan konten agar menawarkan pengalaman yang berbeda dengan kompetitornya.

Peminat aplikasi Indonesia in Your Hand diakui Yudi di luar dugaan‎. “Saat ini sudah ada 2,9 juta yang men-download aplikasi Indonesia in Your Hand sejak diluncurkan pada Maret dengan active user 300 ribuan,” ungkapnya.

Dari 300 ribuan active user tersebut‎, yang paling banyak pengaksesnya adalah Bali. Yudi tak menampik bahwa saat ini mereka kewalahan dan membutuhkan server yang lebih besar. Saat ini server yang digunakan bisa dibilang baru seadanya karena tak menyangka jumlah download-nya bisa mencapai angka 2,9 juta (termasuk aplikasi turunannya).

Aplikasi Indonesia in Your Hand dan turunannya saat ini tersedia secara gratis di toko aplikasi Google Play Store. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan Telkomsel memonetisasi aplikasi ini bagi para merchant yang ingin memasang iklan. (dew/isk; http://tekno.liputan6.com/read/2246167/banyuwangi-kini-bisa-dijelajahi-lewat-genggaman)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close