TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom dukung Smartcity di 219 Kota

JAKARTA (IndoTelko)-Telkom mendukung kehadiran smart city di 219 kota di Indonesia. Dikutip dari Info Memo Laporan Keuangan Tahun 2016 milik Telkom, dinyatakan operator pelat merah ini mendukung inisiatif ratusan kota yang ingin menerapkan solusi TI agar bisa maksimal dalam melayani masyarakat.

 

Dalam mendukung smart city, Telkom menyediakan infrastruktur broadband dan solusi berbasis cloud computing untuk meningkatkan layanan ke publik. CEO Telkomsigma Judi Achamdi mengungkapkan salah satu solusi yang akan dikembangkan adalah e-kelurahan pada tahun ini.

 

“Tahun lalu kita sukses terapkan e-kelurahan di Bandung. Tahun ini ekspansi ke Pontianak dan Gorontalo” katanya. Aplikasi e-Kelurahan adalah aplikasi proses otomatisasi operasional dan administrasi kelurahan seperti pembuatan surat keterangan, pendataan penduduk, potensi daerah, layanan administrasi dan arsip sehingga pelayanan jadi akurat, cepat, mudah dan murah.

 

Sistem Informasi e-Kelurahan memanfaatkan penyimpanan data berbasis Cloud Computing dengan dukungan akses internet dan @wifi.id.  Aplikasi e-Kelurahan memiliki beragam feature diantaranya; Dashboard & chart, Layanan mandiri, Search engine Laporan,

 

Juga Profile daerah, Alur kerja & kolaborasi, Alert/reminder system, Arsip, Template dokumen, Pusat data, Kinerja pelayanan dan info Potensi daerah. Aplikasi ini telah digelar di 151 kelurahan yang tersebar di 30 Kecamatan di Kota Bandung.

 

Program besar dari platform smart city milik Telkom / Smart City Nusantara (SCN). SCN merupakan penggunaan TI dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah.

 

Penerapan konsep smart city dimaksudkan agar pemerintah mampu melayani berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyaman dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.(id; http://www.indotelko.com/kanal?c=bid&it=telkom-smart-city-219-kota)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close