TELKOMGrup dan SEKAR

Menengok hasil uji jaringan Telkomsel di jalur mudik

Liputan6.com, Denpasar – Telkomsel telah merampungkan uji jaringan di jalur Banyuwangi – Denpasar untuk melihat kesiapan jaringan selama Ramadan-Hari Idul Fitri. Uji jaringan meliputi jalur darat di Banyuwangi, jalur laut (Ketapang-Gilimanuk) lalu ke Denpasar, Bali.

“Kita telah meningkatkan network di sejumlah titik. Jaringan kita masih bisa menampung lonjakan hingga 40-60%. Kami berharap di sepanjang jalur mudik layanan Telkomsel berjalan baik,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Ardiansyah di Denpasar, Bali.

Dari hasi pengujian terlihat bahwa jaringan Telkomsel siap melayani pelanggan selama momen Ramadan dan Lebaran. VP Network Quality Management Telkomsel, Hanang, memaparkan hasil pengukuran uji jaringan Banyuwangi-Denpasar sepanjang 147 km.

Kualitas sinyal suara di jaringan Telkomsel menunjukkan kualitas yang baik dengan persentase 95,47%. “Dari total 171 sampel yang diambil, sukses rate-nya mencapai 98,83%, ini di atas 90% yang ditentukan Kominfo,” papar Hanang.

Untuk tingkat drop call hanya mencapai 1,18% (ketentuan drop call dari Kominfo maksimal 5%). Waktu call setup juga cukup baik dengan angka 5,77 detik dari ketentuan maksimal 8,5 detik.

Kesiapan jaringan tidak hanya dilakukan untuk layanan telepon, tapi juga layanan data. Statistik data call FTP Throughput menunjukkan angka 2876 kbps. Throughput menggambarkan kecepatan jaringan dalam mengunduh data daam satuan detik. Throughput >128 kbps menunjukkan kecepatannya sangat baik.

Area Jawa
Selain Banyuwangi-Denpasar, Telkomsel juga menggelar uji jaringan di area jalur mudik Jawa di jalur darat dan kereta, serta area mudik Sumatera.

Untuk jalur mudik Jawa-Bali 2.255 km, suara jaringan Telkomsel menunjukkan kualitas baik 95,47% dengan tingkat kesuksesan panggilan 97,73%. Sebanyak 94,42% area di rute itu sudah di-cover oleh jaringan 3G. Untuk drop call masih terjadi namun hanya 1,92% dengan waktu call setup 6,38 detik. Sedangkan FTP Throughput menunjukkan angka 1536 kbps.

“Sementara di jalur mudik kereta Jawa sepanjang 1689 km, hampir tidak ada blankspot. Hampir 96,94% wilayah sudah di-cover jaringan 3G, kualitas suara mencapai 95,47% dengan tingkat kesuksesan panggilan 97,88% dan drop call 1,99%. Namun waktu call setup lebih lama, 8,02 detik,” papar Hanang.

Sumatera
Sementara itu di jalur mudik Sumatera sepanjang 6135 km, Hanang mengakui tantangannya lebih banyak karena di sana banyak hutan. Waktu call setup tercatat mencapai 7,01 detik, drop call 2,09%, dan tingkat kesuksesan panggilan mencapai 99,23%.

Lebih dari 50% area di jalur mudik Sumatera telah di-cover jaringan 3G. FTP Throughput menunjukkan angka 1995 kbps yang berarti sangat baik. Kualitas suara di jalur tersebut juga baik, 95,47%.

Berdasarkan data-data pengujuan, jaringan Telkomsel siap menghadapi momen Ramadan dan Lebaran atau RAFI (Ramadan – Idul Fitri) 2015.

Uji jaringan dilakukan dengan beberapa metode, seperti melakukan penggilan suara selama 2 menit dengan jeda 30 detik lalu mengulangnya, mengunduh file 10 MB yang juga diulang selama rute perjalanan. Alat uji yang digunakan tidak hanya laptop tetapi juga perangkat mobile.

Uji jaringan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan operator menjelang bulan Ramadan dan Lebaran untuk memastikan kesiapan jaringan. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 16 Tahun 2013.

Kesiapan jaringan selama masa Ramadan dan Lebaran merupakan komitmen Telkomsel dalam menghadirkan True Broadband Experience (TruBEx) kepada para pelanggannya.

TrueBEx merupakan satu program utama Telkomsel di tahun 2015 dalam eningkatan kualitas jaringan data untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam melakukan video streaming, browsing, chatting, gaming lebih cepat dan tanpa buffering. (dew; http://tekno.liputan6.com/read/2246976/menengok-hasil-uji-jaringan-telkomsel-di-jalur-mudik)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close