Kesehatan

Olah raga kunci kontrol gula darah bagi Diabetasi

Jakarta, Selain menjaga pola makan, pasien diabetes disarankan juga aktif OR. Alasannya, hal ini dapat membantu mengontrol gula darah.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa rutin OR hampir sama efektifnya dengan mengonsumsi obat dalam hal mengontrol gula darah pada pasien diabetes.

Ya, tim peneliti dari University of Texas Southwestern Medical Center menuturkan bahwa rutin berolahraga bagi pasien diabetes bahkan tak sekadar bermanfaat untuk mengontrol gula darah, tapi juga dapat membantu mengecilkan ukuran pinggang dan memangkas lemak tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menyebutkan bahwa ukuran lingkar pinggang, persentase lemak tubuh, dan kadar hemoglobin A1c pada pasien diabetes yang rajin berolahraga lebih terkontrol dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah olahraga.

Yang lebih penting, apapun jenis olahraga yang dilakukan sebenarnya tak terlalu berpengaruh. Manfaat ini tetap bisa didapat dari latihan ringan seperti aerobik maupun jenis latihan lainnya yang lebih disukai.

“Apa yang kami amati adalah bahwa olahraga memperbaiki kontrol kesehatan pasien diabetes,” ungkap salah satu peneliti dari UT Southwestern, Jarett Berry, MD, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Jumat; 19/6/15; (Ajg; Up; http://m.detik.com/health/read/2015/06/19/175922/2947329/766/jangan-malas-olahraga-jadi-kunci-kontrol-gula-darah-pasien-diabetes)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close