Kesehatan

Persiapan Puasa untuk Diabetasi

Saat puasa gula darah orang akan turun. Bagi penderita diabetes, penurunan kadar gula darah punya konsekuensi yang serius. Boleh atau tidaknya penderita diabetes berpuasa sebaiknya mengikuti rekomendasi berikut ini.

Orang yang Diabetasi harus bisa mengontrol kadar gula darahnya dengan baik. Untuk itu lakukan kontrol sebelum puasa untuk mengetahui ia boleh melakukan puasa atau tidak. Lakukan cek sebelum puasa seperti gula darah, tensi, fungsi ginjal, kolesterol, indeks massa tubuh dan berat badan sehingga bisa dilakukan stratifilasi risiko.

Nantinya akan keluar rekomendasi yang diperlukan untuk pasien seperti modifikasi pengobatan, karenanya setiap orang akan berbeda-beda rekomendasinya. Untuk mengetahui apakah seseorang dengan diabetes boleh melakukan puasa atau tidak, dilihat dari risiko yang dimilikinya dalam hal ini dibagi menjadi 4 tipe yaitu:

1. Risiko sangat tinggi
Seseorang dibilang memiliki risiko sangat tinggi jika ia memiliki diabetes saat hamil, diabetes tipe 1 yang sudah menggunakan insulin sejak awal diagnosis, sering mengalami gula darah drop yang berulang dan ketoasidosis (darahnya asam karena tingginya jumlah benda keton) berulang.

2. Risiko tinggi
Seseorang dibilang memiliki risiko tinggi jika ia sudah mengalami gangguan fungsi ginjal, tinggal sendiri dan menggunakan insulin atau sulfonilurea dan orang tua yang sakit-sakitan.

3. Risiko sedang
Seseorang dibilang memiliki risiko sedang jika kadar gula darahnya terkontrol dengan menggunakan obat sulfonilurea atau glinid.

4. Risiko ringan
Seseorang dibilang memiliki risiko ringan jika kadar gula darahnya terkontrol dengan diet saja atau menggunakan obat metformin atau TZD.

Karena saat puasa kadar gula darah akan turun yang menyebabkan insulin berkurang dan hormon yang kerjanya berkebalikan dengan insulin justru meningkat seperti glukagon dan adrenalin yang berfungsi memecah glikogen sehingga memicu pembentukan keton dari hasil pemecahan non-karbohidrat.

Selain itu penggunaan obat diabetes selama puasa juga bisa berubah, terutama obat yang harus dikonsumsi lebih dari 1 kali. Tetapi jika hanya kontrol diet saja atau menggunakan obat TZD umumnya pemakaian obat tidak berubah.

Keputusan untuk puasa atau tidak pada pengidap diabetes bersifat individual dan dokter hanya memberikan saran, serta persiapan puasa juga sebaiknya dilakukan jauh waktu sebelum Ramadhan.

Puasa Lancar dengan Produk HD
Kunci dari tetap stabilnya gula darah adalah dengan tetap stabilnya insulin dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengonsumsi manisnya gula yang tidak mengganggu metabolisme insulin dalam tubuh. Seiring dengan stabilnya produksi insulin oleh pankreas, maka sesungguhnya penderita diabetes dapat menjalankan puasa dengan lancar.

Untuk itu, konsumsi yang manis-manis yang berasal dari bahan alami nan aman bagi pederita diabetes. Produk tersebut adalah produk-produk unggulan dari HDI.

Produk yang memiliki kemampuan menjaga pankreas Anda sekaligus menjadi sumber energi tanpa mengusik insulin adalah produk perlebahan. Madu! Siapapun pasti akan menyatakan bahwa produk ini aman bagi siapapun, termasuk penderita diabetes.

Untuk itu, HDI Clover Honey jawabannya. Sebab selain aman sebagai sumber energi, madu juga m embantu mengatasi luka, mencegah infeksi akibat bakteri, meredakan inflamasi dan mempercepat regenerasi sel kulit

Sebagaimana kita ketahui bahwa pangkal masalah dari DM adalah rusaknya sel-sel pankreas sehingga produksi insulin terganggu. Diabetes Mellitus (kencing manis) terjadi akibat gangguan produksi atau gangguan penggunaan insulin, yaitu hormon untuk mengubah gula, karbohidrat, dan zat lain menjadi energi. Maka dari itu, perbaikan sel-sel perlu diperhatikan dalam mengelola DM.

Jawaban dari perawatan pancreas ada pada HDI Bee Propolis, HDI Royal Jelly dan HDI Pollenergy 520. Ketiganya memiliki kandungan propolis yang sudah terbukti secara ilmiah memiliki antioksidan yang tinggi.

Sebagaimana kita tahu antioksidan sangat penting melawan radikal bebas pemicu rusak dan matinya sel dalam tubuh kita. Selain itu, kemampuan kandungan hormon, enzim dan vitamin dalam HDI Royal Jelly terbukti mampu mempertahankan sekaligus memperbaiki sel-sel rusak.

Sementara itu, HDI Pollenergy 520 sangat penting bagi kebugaran tubuh. Produk ini memiliki kandungan pollen. Pollen sendiri dikenal memiliki 200 lebih jenis nutrisi yang alami sehingga aman bagi penderita DM. Selain itu, pollen memiliki kandungan zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang jika diderita pederita DM sudah pasti sangat membahayakan. Dengan rangkaian produk HD, puasa tak lagi bermasalah! (http://www.hdindonesia.com/tips-sehat/persiapan-puasa-untuk-penderita-diabetes)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close