Iptek dan Lingk. Hidup

Cerdik belanja online untuk Lebaran

Lebaran segera tiba, saat sebagian masyarakat beli pakaian baru. Cuaca panas, macet atau tempat belanja yang terlalu ramai membuat kita malas berbelanja, tapi rasanya tidak lengkap jika tidak punya baju baru untuk lebaran nanti. Nah, salah satu solusinya, yaitu dengan berbelanja melalui online shop.

Perkembangan teknologi internet membuat banyak munculnya situ jual beli online. Kini, berbelanja jadi lebih mudah, cukup dengan memilih barang yang ingin kita beli, transfer biayanya, dan barang pun akan langsung dikirim ke rumah kita. Bahkan, ada juga beberapa online shop yang menyediakan jasa bayar ditempat, sehingga kita tidak perlu repot transfer.

Hesty (16), siswi kelas 11 SMAN 1 Bandung, sangat menikmati berbelanja online. Menurutnya, hal yang paling menyenangkan dalam berbelanja online adalah ketika barang sampai ke tangannya dan merasakan sensasi membuka kemasan dari barang yang dibelinya.

Dia lebih menyukai sistem berbelanja online yang bayar ditempat, karena kebanyakan remaja seusianya belum punya rekening bank sendiri untuk melakukan transfer. Namun, berbelanja secara online juga memiliki resiko tersendiri.

Penipuan gampang sekali terjadi dalam transaksi online, karena kita tidak bertatap langsung dengan penjualnya. Hesty memiliki caranya sendiri untuk menghindari penipuan di online shop.

“Biasanya aku milih online shop yang followers-nya banyak, terus lihat juga testimoni dari pembeli sebelumnya dan lihat juga kualitas gambar dari barang yang ditawarkan,” ujar Hesty.

Sementara itu, menurut Restya Mahara, pemilik online shop @mapupam di Instagram, cara membuat pembeli percaya dengan online shop miliknya, yaitu dengan memperkenalkan dirinya sebagai pemilik kepada para pembeli, sehingga ada jalur komunikasi yang jelas.

“Kasus penipuan kan banyak kebanyakan karena kita nggak tahu dibalik akun itu siapa yang punyanya, jadi susah kalau mau minta pertanggungjawaban,” ujar Restya.

Sebagai pembeli, kita harus cermat ketika memilih online shop yang akan kita jadikan tempat berbelanja. Jangan sampai kita jadi korban penipuan, ya. Selamat berbelanja! (tj3; http://jabar.tribunnews.com/2015/07/14/cerdik-belanja-online-untuk-keperluan-lebaran)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close