Iptek dan Lingk. Hidup

11 Cara Pencegahan Banjir(1/4)

(ilmugeografi.com)-Di Wilayah  Kabupaten tempat tinggal saya masih rutin dilanda banjir. Segala upaya dilakukan pemerintah termasuk TNI ikut menanggulangi diantaranya dengan upaya “Citarum bersih”,  sedang dibangun Kolam retensi dll.

 

Banjir, salah satu bencana alam di Indonesia. Ketika musim maka akan ada berita bahwa banjir seperti  menguasai Indonesia di beberapa wilayahnya  yang langganan banjir. Meski tingkat keparahannya dan wilayah berbeda- beda. Banjir itu peristiwa meluapnya air dari saluran air atau air hujan yang akhirnya menggenangi pemukiman warga dan wilayah- wilayah penting lain.

 

Penyebab banjir

Perlu kita ketahui banjir itu hal yang mengerikan. Maka dari itulah kita perlu tahu penyebabnya sehingga kita bisa menghindarinya sedini mungkin. Kira- kira, inilah beberapa penyebab banjir :

 

1-Membuang sampah sembarangan

Kemungkinan yang terjadi dari orang membuang sampah sembarangan (bukan pada tempatnya). Hal ini selalu digembor-gemborkan bahwa sampah dapat menyebabkan banjir. Sampah yang berserakan di tanah bila hujan lebat maka sampah  itu terbawa air dan akan menghambat kerja saluran air.

 

2-Saluran air mampet

Sampah kadang membuat saluran air  mampet. Pada intinya permasalahnya pada saluran mampet. Bila saluran air mampet maka aliran air tidak lancar. Bila hujan lebat dan lama maka bisa menimbulkan banjr. Karena itu kita harus rajin membersihkan saluran air agar terbebas dari yang namanya banjir.

 

3-Hujan deras dan berkepanjangan

Hujan deras yang berkepanjangan jadi perkara alami penyebab banjir. Pasalnya jika saluran air atau sungai sudah penuh maka air ini dapat meluap dan jadi banjir.

 

4-Tidak ada resapan air

Saluran air mampet menimbulkan banjir, maka bisa dibayangkan jika kita tidak punya resapan air. Itulah beberapa penyebab banjir. Diantara ke-4 faktor, yang dari alam adalah hujan deras terus menerus.

 

Pencegahan banjir

Banjir itu bencana alam yang merugikan semua makhluk hidup. Karena jumlah air terlalu berlebih sehingga bisa merendam apa saja. Banjir bisa terjadi karena faktor alami dan kesalahan manusia. Maka dari itulah kita sebagai manusia harusnya bisa mencegah agar banjir ini tidak terjadi.

 

Ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan manusia untuk mencegah terjadinya banjir atau meminimalisasi terjadinya banjir.

 

Beberapa upaya yang dapat dilakukan  untuk mencegah terjadinya banjir antara lain sebagai berikut:

1-Membuang sampah pada tempatnya

Cara mudah dan sederhana sebagai upaya cegah banjir adalah buang sampah pada tempatnya. Meski cara ini berperan sedikit namun bila dilakukan banyak orang dan konsisten maka akan ada perubahan  besar. Jika orang di satu kota membuang sampah tertib selama sebulan maka kota itu jadi bersih dan terbebas dari tumpukan sampah.

 

Sampah yang dibuang sembarangan itu pemicu terjadinya banjir. Karena sampah yang berserakan di suatu saat terbawa air hujan yang bermuara di saluran air atau di sungai. Ketika berada di saluran air atau sungai maka sampah itu menutupi lubang air dan akhirnya menimbulkan banjir.

 

Selain buang sampah dengan tepat, pengolahan sampah yang tepat juga diperlukan. Perlu pemilahan  sampah organik dan non organik. Sampah organik bisa dimanfaatkan dengan mengubah jadi pupuk kompos, dana sampah non organik bisa didaur ulang.

(Bahan dari : https://ilmugeografi.com/bencana-alam/pencegahan-banjir)-FatchurR * Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close