Iptek dan Lingk. Hidup

Ekowisata berbasis masyarakat di Kalbar

DESA Melemba di Kec-Batang Lupar, Kalimantan Barat, menambah deretan pengembangan ekowisata di Tanah Air. Seperti dilansir WWF Indonesia, sejumlah pihak telah bersepakat mengelola manajemen ekowisata di desa tersebut.

Nota kesepahaman diteken WWF-Indonesia Program Kalbar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kapuas Hulu, Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS), Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Model Kapuas Hulu, dan Pemerintah Desa Melemba di Putussibau, Kamis (25/6/).

Kepala Disbudpar Kapuas Hulu Antonius mengatakan, pihaknya menyelesaikan dokumen road map Pengembangan Kawasan Ekowisata Kab-Kapuas Hulu (2014). Menurut Antonius, operator pengelolaannya kelak akan dilakukan masyarakat Desa Melemba yang didorong melalui pendekatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Itu menjadi salah satu sistem pengelolaan hutan yang lestari dan bertanggung jawab.

Melalui kesepahaman itu pula, pengembangan ekowisata di Desa Melemba diharapkan dapat mempercepat langkah menuju Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) pengembangan ekowisata.

Kepala Balai TNDS, Sahdin Zunaidi, mengatakan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah menetapkan KSK di koridor antara Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) dan TNDS.

Albertus Tjiu, Manajer Program Kalbar WWF-Indonesia, mengungkapkan bahwa dalam lingkup konservasi pulau yang dihubungkan dengan keberadaan HoB (Heart of Borneo), upaya kolaboratif itu bisa dipandang sebagai implementasi program di tingkat kabupaten.

“Ini bermuara terwujudnya skema jasa lingkungan yang berkeadilan melalui konsep sertifikasi jasa lingkungan di Dusun Meliau, Desa Melemba, agar mendapat sertifikasi jasa lingkungan berbasis pengelolaan hutan lestari,”. (*/M-3; http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/13208/Ekowisata-Berbasis-Masyarakat-di-Kalimantan-Barat/2015/07/05)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close