Iptek dan Lingk. Hidup

Cara China hadang jumlah kendaraan

Beijing – Tidak seperti di Indonesia, Pemerintah China menerapkan aturan ketat dalam kepemilikan mobil. Mereka yang punya uang tidak dapat beli begitu saja. Ada aturan yang harus diikuti sebelum memiliki roda empat.

“Kami harus ikut undian yang dibuka setiap bulan” kata salah satu pemandu, Tiery, saat menerangkan kondisi di China saat ini kepasa rombongan sari PT Kereta Api Indonesia, Senin (24/8/2015).

Pemerintah China sendiri hanya membuka 20 ribu slot kepemilikan kendaraan setiap bulannya. “Bulan kemarin saja ada satu juta yang mendaftar undian. Ibarat 50 orang berebut 1 mobil,” terang pria berusia 43 tahun ini.

Dengan pembatasan kepemilikan melalui undian, artinya tidak semua orang beruntung memenangkan slot dalam undian. “Teman saya sudah tiga tahun ingin punya mobil, tapi sudah tiga tahun enggak menang-menang. Tapi ada juga yang baru daftar undian langsung dapat,” bebernya.

Meski demikian, aturan ini tidak mempertegas kepemilikian satu keluarga hanya memiliki satu kendaraan. Juga tidak mengatur batas usia kendaraan berada di jalanan.

Aturan terbaru menjelang peringatan 70 tahun Anti Jepang, pemerintah di Beijing menerepkan aturan penggunaan kendaraan ganjil-genap sesuai tanggal ganjil dan genap. “Tapi ini tidak berlaku untuk kendaraan umum dan taksi,” kata Tiery.

Penerapan aturan berlaku dari tanggal 22/8 sampai 3/9/2015. Pemberlakuan dikarenakan jalan raya akan digunakan iring2an pejabat China dalam latihan parade. Penekanan kendaraan juga diberlakukan untuk motor berbahan bakar minyak. “Motor yang diijinkan motor listrik dan sepeda,” kata Tiery.

Aturan ini sebenarnya diberlakukan tahum 2002 lalu. “Untuk meyambut, mempersiapkan, Olimpiade 2008,” katanya.

Pemerintah China ingin negaranya serius menyambut para tamu Olimpiade dengan mengurangi tingkat polusi udara. Dinilai berhasil, aturan itu terus berlanjut hingga saat ini.

Mereka yang bersepeda tampak terlihat menikmatinya. Pemerintah memfasiltasi jalan bagi para pengguna motor listrik dan sepeda. Kendaraan seperti mobil pribadi dan taksi dilarang memasuki jalur sepeda.

 

Kecuali mereka berhenti atau menurunkan penumpang. Denda yang tidak sedikit menunggu para pelanggar yang menerobos jalur sepeda. (Sugeng W-72; gat/rvk; http://m.detik.com/news/berita/3004713/begini-cara-china-hadang-banjir-kendaraan-di-jalan-raya)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close