Iptek dan Lingk. HidupOpini dan sukses bisnis

ortega Anak buruh Rel ini jadi Boss hartanya Triliunan

Jakarta -Nasib orang tidak ada yang tahu, meski lahir dari keluarga miskin, asal tekun berusaha pasti ada jalannya. Ini dialami Amancio Ortega, pendiri ritel pakaian Zara. Ortega jadi orang terkaya ke-2 di dunia. Dilansir dari CNBC, Selasa (9/6/2015), Ortega menggeser posisi Warren Buffett selaku orang terkaya nomor dua dunia.

ortega Anak buruh Rel ini jadi Boss hartanya TriliunanNomor satu masih diduduki oleh Bill Gates dengan harta US$ 85,5 miliar, atau sekitar Rp 1.111 triliun. Sedangkan Warren Buffett, dengan kekayaan US$ 70,2 miliar atau sekitar Rp 91 triliun menempati posisi nomor ke-3 dunia.

Kekayaan Ortega saat ini mencapai US$ 71,5 miliar, atau sekitar Rp 929 triliun. Pria 78 tahun ini merupakan pendiri perusahaan tekstil, Inditex di Spanyol. Inditex saat ini terkenal dengan jaringan ritel fesyen Zara, dengan penjualan US$ 19,7 miliar atau sekitar Rp 256 triliun di 2014.

Ortega dibesarkan sebagai anak buruh rel kereta yang cukup sederhana. Pada 1975, Amancio Ortega bersama mantan istrinya Rosalia Mera mendirikan Zara di rumahnya. Produk awalnya adalah pakaian dalam dan baju mandi.

Balik ke Ortega, sejak 1999, pria ini selalu menghindari wawancara oleh media. Sejak itu juga, tidak pernah ada foto dia yang dipublikasi. Namun, jaringan Zara sekarang makin menggurita dengan 6.600 toko di lebih dari 88 negara. Tahun ini, Zara berencana membuka lebih dari 480 toko.

Kunci sukses Ortega adalah, mempertahankan pabrik pakaian di Spanyol, tepatnya La Coruna. Dia tidak mau melakukan outsource produksi pakaian ke China yang harganya lebih murah. Karena pabriknya di Spanyol, maka Zara bisa dengan cepat melakukan penyesuaian dengan tren fesyen terbaru.
(dnl/hen; http://m.detik.com/finance/read/2015/06/09/063852/2936836/68/dari-anak-buruh-rel-jadi-bos-zara-pria-ini-punya-harta-rp-929-triliun)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close