Iptek dan Lingk. Hidup

Tiga Kriteria Yang Nekat Menyebarkan Hoax

(liputan6.com)-JAKARTA; Dosen Ilmu Komunikasi UGM Zainuddin Muda Z Monggilo menyebut, ada tiga kriteria orang tetap nekat menyebarkan informasi palsu atau Hoaks.

 

Pertama, orang yang menyebarkan hoaks punya kelainan psikologis. Menurut Zainuddin, orang tersebut merasa puas ketika membuat orang lain khawatir dan panik dengan Hoaks.

 

“Mereka ingin menyebarkan kesesatan, ini semacam kelainan psikologis,” kata Zainuddin dalam virtual class “Literasi Media untuk Melawan Hoaks”, yang digelar Liputan6.com, Jumat (28/8/2020).

 

Walaupun demikian, hal ini masih perlu pembuktian riset dan kajian yang lebih mendalam khususnya dari sisi medis. Selain kelainan psikologis, Zainuddin juga mengatakan bahwa ada motif lain yang membuat orang masih nekat menyebarkan  Hoaks.

 

Motif Ekonomi hingga Politik

Zainuddin menyebut, motif ekonomi hingga politik diduga jadi alasan mereka yang menyebarkan hoaks. “Setidaknya ada 3 kriteria itu. Ada juga yang enggak sengaja, dia enggak tahu, tapi kemudian dia percaya kalau informasi itu benar. Padahal informasi itu salah,” tutur Zainuddin.

 

Hanz Jimenez  Salim;  Bahan dari : https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4342287/3-kriteria-warganet-yang-kerap-nekat-menyebarkan-hoaks)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close