Iptek dan Lingk. Hidup

Youtube Bakal Jadi e-Commerce

(teknologi.bisnis.com)- JAKARTA; Semua mainan, gawai, dan barang-barang yang dilihat di YouTube sebentar lagi bisa dijual online. Bukan lewat Amazon, tetapi lewat YouTube.

 

Aplikasi video terbesar di dunia mulai eminta para influencer menggunakan software YouTube untuk menandai dan melacak produk yang diunggulkan dalam video mereka. Data itu akan terhubung secara analitis dan alat belanja dari induk Google.

 

Google berkeinginan mengubah tumpukan video di YouTube jadi katalog besar sehingga para penonton bisa melihat, memilih, dan membelinya. Dilansir dari Bloomberg, (12/10/2020), perusahaan juga tengah menguji coba mengintegrasikannya dengan Shopify Inc. untuk jual proudk-produk itu melalui YouTube.

 

Juru bicara YouTube pun mengamini bahwa perusahaan sedang melakukan uji coba fitur tersebut dengan sejumlah akun video. Creator akan memiliki kontrol penuh terhadap produk yang akan ditampilkan.

 

Namun, dia mengatakan bahwa perusahaan sedang melakukan uji coba dan menolak untuk m Langkah ini memiliki potensi untuk mengubah YouTube dari sebuah pengiklan raksasa menjadi e-commerce baru yang akan bersaing dengan Amazon.com Inc. dan Alibaba Group Holding Ltd.

 

“YouTube adalah salah satu asset yang bisa digunakan. Jika mereka memutuskan untuk berinvestasi di dalamnya, maka itu adalah peluang untuk mereka,” kata Presiden e-commerce Basket Andy Ellwood.

 

Kendati demikian, masih belum jelas bagaimana YouTube ini akan meraup keuntungan dari penjualan tersebut. Yang pasti, layanan baru ini mulai menawarkan paket langganan dan mengambil potongan 30 persen dari pembayaran itu.

 

(Reporter/Editor : Amanda Kusumawardhani;  Bahan dari : Bloomberg dan https://teknologi.bisnis.com/read/20201012/84/1303656/youtube-bakal-jadi-e-commerce)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close