Iptek dan Lingk. Hidup

Robot pintar sahabat keluarga

ERA yang tidak lagi menggantungkan diri kepada pembantu manusia di rumah bukan lagi khayalan dan angan2. Kehidupan yang digambarkan film science fiction tentang robot atau droid cerdas, bersahabat, dan dapat membantu manusia telah menjadi kenyataan.

Kini sebuah robot cerdas bernama Buddy telah hadir. Robot yang ramah keluarga itu dapat membantu pekerjaan sehari-hari di rumah. Si Buddy benar2 jadi sahabat baik yang bisa memonitor keamanan sekitar rumah. Bahkan, Buddy dapat mengasuh anak2 sambil bermain petak umpet.

Keluarga yang ingin mendatangkan pembantu ramah dan bersahabat bernama ‘Buddy’ tidak perlu menunggu lama lagi. Tahun depan, robot Buddy mulai dipasarkan. Promosi kehadiran Buddy pun telah dimulai sejak Juni tahun ini.

Perusahaan teknologi Prancis yang membuat robot Buddy, Blue Frog Robotics, mengatakan Buddy memang dirancang untuk berhubungan, melindungi, dan berinteraksi dengan semua anggota keluarga.

Buddy tergolong cerdas karena memiliki sejumlah fitur. Buddy mampu melakukan pekerja sesuai keinginan pemiliknya. Bahkan dia mampu menyanyikan sebuah lagu yang diminta via alat pelantang yang telah dirancang.

Aksi paling mengesankan ternyata Buddy bisa pula menjadi satuan pengamanan (satpam) rumah. Dia bisa mengawasi keadaan seputar rumah, sedangkan pemilik rumah hanya memantau dari jarak jauh melalui kamera telepon seluler.

Bila ada sesuatu yang mencurigakan dan membahayakan, Buddy pun tidak tinggal diam. Dengan sensornya, dia bisa langsung menginformasi sinyal bahaya ke pemilik rumah jika terjadi kenaikan suhu mendadak yang disebabkan benda yang terbakar.

Buddy bukan robot kaku, melainkan sangat mobile (bergerak aktif). Dia dapat bergerak mengelilingi ruangan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar rumah. Dia bisa bergerak sendiri atau dikendalikan pemiliknya.

Sebagaimana manusia, Buddy dapat mendengar, berbicara, menatap, dan berkomunikasi dengan ekspresi wajah yang mudah dipahami. Kepala Buddy bisa mengangguk dan menggeleng.

Menurut perusahaan pengembangnya, Buddy merupakan teman bermain bagi anak-anak. Saat orangtua lelah dan perlu istirahat, Buddy bisa menjadi pengganti untuk menemani anak-anak di rumah.

Buddy juga dapat membantu mengerjakan pekerjaan rumah sekolah dan bermain gim dengan anak2. Saat ini, robot Buddy dalam pengembangan sesuai dengan keinginan. Blue Frog Robotics telah mengunggah robot Buddy ke situs Indiegogo.

Namun, dalam situs itu, Buddy belum bisa dipasarkan sampai November 2016.(Dailymmail/Drd/I-2; http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/13609/Buddy-Robot-Pintar-Sahabat-Keluarga/2015/07/21)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close