Iptek dan Lingk. Hidup

Tahun 2015 Pemerintah bangun 7 waduk dan 100 Embung di NTT

KUPANG, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengatakan, tahun 2015 ini pemerintah siap membangun tujuh waduk dan 100 penampung air atau embung di sejumlah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kunci di NTT adalah air. Kalau air ada, baru kita bicara tanam apa. Jagung, ketela dan sorgum. Tahun 2015 ini kita bangun 7 waduk dan 100 embung ukuran sedang. Setelah itu saya yakin hasilnya akan kelihatan dan produktivitas pertanian meningkat,” kata Jokowi kepada wartawan usai memantau langsung pembangunan Bendungan Raknamo di Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, NTT, Sabtu (25/7/2015).

Setelah pembangunan infrastruktur bendungan, lanjut Jokowi, maka akan dilanjutkan dengan produksi pertanian. Setelah itu baru masuk ke pascapanen atau industri. Jadi semuanya, menurut Jokowi, akan dikembangkan secara bertahap.

Jokowi datang mendadak ke Kupang untuk memantau langsung proses pembangunan bendungan. Beragam alternatif lokasi bendungan sebelumnya ditawarkan untuk dikunjungi, namun Jokowi lebih memilih datang ke Bendungan Raknamo di NTT, yang disebutnya diberi perhatian secara khusus.

“Kenapa saya ke sini (Kupang) mendadak, karena saya ingin melihat langsung, apakah ada progres atau tidak. Tapi ternyata menurut saya sangat cepat sekali. Semua orang tidak menyangka kalau progresnya secepat ini, terowongannya sudah selesai,” ujar Jokowi.

“Waktu tujuh bulan lalu saat peletakan batu pertama, disampaikan ke saya bahwa proses pembangunannya lima tahun. Namun, bisa lebih maju menjadi tiga tahun karena pekerjaannya marathon sehingga saya senang sekali,” ucapnya.

Hal tersebut dianggap Jokowi menunjukkan bahwa para pekerja benar-benar serius menyelesaikan infrastruktur-infrastruktur, baik berupa bendungan, waduk, jalan dan pelabuhan.
Peletakan batu pertama Bendungan Reknamo dilakukan Jokowi 20/12/2014. Bendungan seluas 147 hektar yang dibangun dengan dana Rp 760 miliar, menurut rencana berkapasitas tampung 14,09 juta meter kubik dan penyediaan air bersih untuk ibu kota Kabupaten Kupang 100 liter per detik.

Pantauan Kompas.com, selain pembangunan Bendungan Raknamo, Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, serta Menteri BUMN Rini M Soemarno, membagikan bantuan sembako kepada ratusan warga. (Sigiranus Maruto Bere; Bayu Galih; http://regional.kompas.com/read/2015/07/25/18290611/Jokowi.2015.Pemerintah.Siap.Bangun.7.Waduk.dan.100.Embung.di.NTT)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close