Iptek dan Lingk. Hidup

Tol Tasikmalaya-Bandung

TEMPO.CO, Bandung – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berencana mendaftarkan rencana pembangunan jalan tol Cileunyi-Tasikmalaya pada BPJT. “Sudah ada pra-FS (feasibility study), kami segera mendaftarkan ke BPJT supaya segera masuk dalam rencana pembangunan tol nasional,” kata Heryawan di Bandung, Selasa, 21/7/15.

Aher, panggilan Ahmad Heryawan, mengatakan, jalan tol itu bisa menjadi alternatif bagi pengguna kendaraan melewati jalur selatan. Saat ini, kata dia, arus angkutan Lebaran menyebabkan kemacetan di jalur selatan sulit diurai. “Mau geser ke sebelah mana, kiri jurang, kanan gunung,” kata Aher.

Menurut Aher, pembangunan jalan tol Cileunyi-Tasikmalaya ditaksir menembus Rp 12 triliun. Soal pembiayaan pembangunannya, dia mengaku akan mengusulkan pada Presiden Joko Widodo menggunakan skema crowd funding.

Dia menjelaskan, skema crowd funding itu dengan mengumpulkan duit dari semua pegawai negeri sipil dari seluruh Indonesia yang jumlahnya 6 juta orang itu masing-masing Rp 100 ribu. Gantinya mereka menjadi pemegang saham jalan tol itu. “Saya mau ngomongin ke Pak Jokowi,” kata Aher.

Catatan Tempo, rencana jalan tol itu muncul sejak tahun 2013. Kepala Bappeda Jawa Barat Deny Juanda Puradimaja mengungkapkan, rancangan awal jalan tol Citas atau Cileunyi-Tasikmalaya sudah rampung.

“Desain awal sudah selesai, rutenya sudah. Panjang 70 kilometer,” kata dia di Bandung, Senin, 2 September 2013. (Adi Djoko; http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/07/21/090685328/aher-ingin-segera-bangun-jalan-tol-cileunyi-tasikmalaya)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close