Wisata dan Kuliner

12 Pantai terindah di Indonesia(4/4)

(Serial)-10-Pantai Sanur, Bali
Pantai Sanur, sebagaimana pantai-pantai terindah di Bali, telah cukup banyak di kenal. Pantai ini berada di timur Kota Denpasar.

Jika pantai Kuta terkenal dengan sunset-nya, pantai Sanur dikenal dengan pemandangan sunrise (matahari terbit). Pantai ini memiliki pasir putih dan ombaknya yang relatif tenang. Sehingga di sini bisa digunakan untuk menyelam dan snorkeling bagi semua tingkatan penyelam.

11-Pantai Hunimua Liang, Maluku Tengah
4b-pantai-hunimua-liang-maluku-tengahPantai ini kerap disebut sebagai Pantai Hunimua atau Pantai Liang. Terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Tahun 1990 silam, pantai ini pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia oleh Badan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP).

Pesona utama pantai ini adalah pemandangan lautnya yang memikat. Pun hamparan pasir putih sejauh hampir satu kilometer dengan lebar 300-an meter dan air laut yang biru bersih.

 

12-Pantai Derawan, Kalimantan Timur
4c-pantai-derawan-kalimantan-timur1Pantai Derawan, layaknya Pantai Raja Ampat, adalah sekumpulan pantai dan pulau dengan pemandangan bawah laut yang menawan. Terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, kawasan ini menjadi salah satu Taman Laut paling indah di Indonesia.

Derawan dihuni 470-an spesies karang. Pun dapat menikmati padang lamun, hutan bakau, dan aneka satwa air seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, dan ikan barakuda.

Sebagian besar dari daftar pantai tersebut memang berada di pulau Bali dan Jawa. Hal ini mengingat bahwa keindahan sebuah pantai tetap membutuhkan sentuhan dari pengelola, baik oleh pemerintah daerah maupun pihak swasta.

Pantai yang indah membutuhkan promosi, kemudahan akses, kelengkapan akomodasi, dan fasilitas pendukung lainnya. Di samping pengelolaan untuk menjaganya tetap alami dan asri. Kesemua syarat tersebut tampaknya belum ‘dipahami’ oleh daerah-daerah di luar Bali dan Jawa.

Itulah ke-12 pantai terindah pilihan alamendah.org. Daftar ini bukan berarti menyatakan pantai lainnya kurang indah. Masing2 pihak memiliki versi tersendiri. Mungkin anda telah memiliki pantai terindah versi masing2. Tamat………….. (http://alamendah.org/2015/02/16/12-pantai-terindah-di-indonesia/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close