Selingan

Dikti ungkap modus salah ketik ijasah palsu

KEMENTERIAN Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) akan terus menyelidiki modus baru tindak kejahatan pemalsuan ijazah. Pasalnya, baru-baru ini satgas ijazah palsu menemukan modus baru yakni salah ketik ijazah.

Sekretaris Jendral Kemenristek Dikti Ainun Naim menyampaikan modus ijazah palsu dengan salah ketik itu diketahui saat timnya sedang melakukan penyidikan keaslian ijazah salah seorang pegawai di sebuah lembaga keuangan.

”Terkait data-data hasil temuan ijazah itu sudah kami serahkan kepada lembaganya. Namun, kami (satgas) tetap akan menyelidiki modusnya,” ujar Ainun saat dihubungi Media Indonesia, kemarin.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, modus itu dibeberkan langsung oleh universitas yang bersangkutan. Sayangnya, Naim masih enggan menyebutkan identitas perguruan tinggi tersebut.

Pun, jika hasil penyelidikan sudah didapatkan secara lengkap, pihaknya barulah akan mengungkap setiap faktanya. Sementara ini, tim akan terus bekerja berdasarkan laporan yang diterima dari masyarakat.

”Nanti kami sampaikan kalau sudah selesai semua,” tukas Naim.

Dihubungi secara terpisah, Menristek Dikti M Nasir menegaskan tidak ada istilah salah ketik dalam pembuatan ijazah. Karena itulah, pihaknya terus menyelidiki kasus tersebut.

Seiring dengan penyelidikan yang terus berlanjut, pegawai yang diketahui ialah salah seorang pejabat eselon II di lembaga keuangan tersebut, saat ini sudah dibebastugaskan.

”Saya tidak mengatakan (lembaga) OJK, yang jelas otoritasnya di bidang keuangan. Kampusnya ada, tapi nama dan nomor ijazahnya tidak sesuai,” pungkas Nasir.

Hingga saat ini, Kemenristek Dikti sudah membekukan izin operasional enam perguruan tinggi swasta. Dua perguruan tinggi berada di Jakarta, satu perguruan tinggi di Medan, Sumatra Utara, dan tiga lagi perguruan tinggi di Jawa Timur. (H-2; http://www.mediaindonesia.com/misore/read/3031/Kemenristek-Dikti-Ungkap-Modus-Salah-Ketik-Ijazah-Palsu/2015/08/18)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close