Wisata dan Kuliner

Festival Lembah Baliem kini mendunia(1)

(Serial)-FESTIVAL Lembah Baliem adalah festival budaya dan telah diadakan lebih dari 25x. Festival ini sejak dulu terkenal sehingga turis mancanegara rela ber-bondong2 ke Papua khusus untuk acara ini saja. Bagi kita, Festival Lembah Baliem mungkin terdengar asing.

Karena untuk ke sini butuh perjuangan perjalanan yang cukup panjang dan mahal. Tetapi walaupun kita jarang mendengar Festival Lembah Baliem Wamena tetapi turis asing sangat ingin ke sini. Di kalangan turis mancanegara, festival ini sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu.

Festival Lembah Baliem Papua adalah destinasi impian fotografer, begitupun juga saya. Sejak 3 tahun lalu saya sudah lama memimpikan untuk mengunjungi Festival Lembah Baliem di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Akhirnya impian itu terwujud tahun 2015. Kenapa orang tertarik ke Wamena? Karena Lembah Baliem di Wamena terpencil dan sulit untuk didatangi. Begitu pula kebiasaan Suku Dani yang “maaf” mereka sangat komersial. Suku ini dikenal kalangan wisatawan dan fotografer jika kita ingin mengambil foto harus membayar sejumlah uang kepada mereka.

Pada saat festival inilah kita bisa memotret dengan bebas penampilan Suku Dani. Lantas, apakah rumor yang mengatakan memotret Suku Dani pada saat hari biasa harus bayar dengan uang? Jawabannya iya. Jika hari biasa kita harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk bisa membayar para Suku Dani ini.

Saya tidak tahu “budaya” minta uang ini muncul dari mana, tapi dari sumber yang saya dapatkan kebiasaan ini muncul karena dahulu banyak turis asing dan orang2 kaya luar negeri yang ke Wamena. Mereka kasihan dengan masyarakat adat yang tertinggal, baik ekonomi maupun pendidikan.

Akhirnya, para turis asing dan orang kaya tersebut sehabis memotret membayar mereka dengan uang. Kebiasaan ini menjadi semakin membudaya ketika orang datang dan memotret mereka, dan ujung-ujungnya mereka meminta sejumlah uang.

Terlepas dari kebiasaan yang menurut saya buruk tetapi di Lembah Baliem Wamena punya budaya yang mereka jaga sejak dahulu, dan mereka menampilkannya pada Festival Lembah Baliem yang luar biasa dan telah menjadi daya tarik turis sejak dahulu ke Papua. Bersambung ………….. (BARRY KUSUMA; I Made Asdhiana; www.alambudaya.com dan http://travel.kompas.com/read/2015/08/21/101600927/Festival.Lembah.Baliem.yang.Mendunia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close