Kesehatan

Mengatasi flu tanpa obat

KOMPAS.com-Flu merupakan salah satu penyakit yang tersering diderita banyak orang, terutama di musim pancaroba. Flu yang disebabkan virus influenza ini mudah menyerang tubuh saat dalam kondisi lemah. Adanya virus dalam tubuh bisa membuat seseorang bersin, pilek, hidung tersumbat, batuk, hingga badan terasa lelah.

Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) Rusdian Utama Roeslani mengatakan, flu pada dasarnya bisa disembuhkan tanpa meminum obat2an. Sebab, dalam waktu tujuh hari, virus flu akan mati dengan sendirinya di dalam tubuh.

“Kalau flu enggak perlu pakai obat apa-apa. Tungguin saja, kalau Anda tahan gejalanya selama 5-7 hari, itu sembuh dan enggak perlu obat,” ujar Rusdian dalam diskusi “Bebas Gangguan Hidung Tersumbat agar Aktivitas Terjaga” di Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Saat terserang flu, Anda hanya perlu mengembalikan kondisi tubuh dengan banyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi, banyak makan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C, dan istirahat yang cukup.

Rusdian menjelaskan, gejala flu akan timbul setelah satu hingga dua hari terserang virusnya. Virus akan membuat tubuh menjadi lemah. Jika tidak segera dilawan, lebih dari lima sampai tujuh hari kondisi tubuh bisa semakin parah, seperti demam, pusing, dan tidak nafsu makan.

Hal ini terjadi bukan karena virus, melainkan bakteri yang menyerang tubuh. Keseimbangan bakteri dalam tubuh terganggu karena virus tersebut telah menyebar luas.

“Dalam waktu seminggu, virus itu mati, enggak ada lagi. Tapi virus menyebabkan keadaan tubuh kita menurun sehingga bakteri akan terganggu karena virus tadi bisa menurunkan kondisi tubuh. Akhirnya menimbulkan penyakit. Virusnya udah enggak ada, bakterinya yang berperan sekarang,” terang dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Gandaria Jakarta ini.

Rusdian mengatakan, penggunaan obat pun perlu diperhatikan efek sampingnya. Untuk itu, ketika flu lebih disarankan melawan virus dengan banyak minum air putih, istirahat cukup hingga konsumsi makanan bergizi.

Jika flu makin parah lebih dari 7 hari, konsumsi obat/ke dokter lebih dianjurkan. (Dian Maharani; Lusia Kus Anna; http://health.kompas.com/read/2014/12/05/091000423/Melawan.Flu.Tanpa.Obat?utm_campaign=related&utm_medium=bp&utm_source=bola&)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close