Islam

Penghafal al Quran

047 Tahukah Anda bahwa penghapal 30 juz Al Qur’an di Indonesia berjumlah sekitar 30.000 orang? Banyak umat dikarunia Allah dengan ingatan yang istimewa, hingga hapal seluruh ayat Al Qur’an. Ingatan akan ayat-ayat al Qur’an itu seperti layaknya unta, bila tidak diikat akan lupa atau lepas, untuk itu mereka senantiasa menghapalnya.

Qur’an adalah kitab suci yang paling banyak dibaca dan dihapal oleh orang. Jutaan orang baik laki-laki maupun wanita, baik anak-anak maupun dewasa penghapal Al Qur’an. Ini adalah salah satu mukzijat Al Qur’an. Menurut catatan, di Indonesia saja ada sekitar 30.000 orang yang hapal seluruh 30 juz al Qur’an.

Diharapkan makin hari jumlah ini makin meningkat. Negeri yang terbanyak penghapal Al Qur’an
adalah Mesir, lebih dari 12 juta orang. Ingatan adalah salah satu anugrah Allah yang harus kita
senantiasa syukuri. Ingatan selalu hadir selama jantung kita berdenyut.

Kita selalu berdoa kepada Yang Maha Pencabut, agar pada detik akhir hayat kita, ingatan akan Allah SWT tetap hadir. Pikiran dan ucapan kita semoga ingat kepada Yang Menciptakan kita. Semoga, sesuai dengan cita-cita kita, meninggalkan dunia ini dengan khusnul khatimah.

Ingatan atau memori adalah suatu nikmat yang tidak ternilai harganya. Ingatan-lah yang membuat acara halal bi halal menjadi meriah. Pada saat berkumpul bersama sahabat atau handai-taulan, ingatan di otak kita bekerja dengan ajaib. Pada saat mata menatap, tangan bersalaman, ingatan langsung bereaksi.

Kenangan atas pertemuan-pertemuan yang lalu kembali menyergap, gelak tawa dan canda dengan spontan meledak. Ingatan juga meninggalkan bekas, kita tahu ingat tamu yang sudah kita salami, mana yang belum. Maha Besar Allah.

Sahabatku, ada kalanya Allah sengaja menghilangkan ingatan tentang suatu ayat, seperti tercantum dalam firmannya Al Baqarah (QS 2:106),“Ayat yang Kami batalkan atau Kami batalkan dari INGATAN, pasti kami ganti dengan yang lebih baik atau yang sebanding dengannya. Tidakkah kamu tahu bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Memang semua ingatan ini adalah milik dan kehendak Allah SWT semata. Allah kuasa mencabut dan menghilangkan ingatan Bila Allah menghendaki, dengan mudah Allah menghilangkan ingatan
dalam kepala kita, baik ingatan akan suatu ayat atau bahkan seluruh ingatan kita.

Seseorang yang dicabut ingatannya menjadi pikun. Nauzubillahi min zalik.Semoga penyakit itu tidak hinggap kepada diri kita. (Sadhono Hadi)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close