KesehatanPsikologi

Salah satu cara rahasia panjang umur

KOMPAS.com – Apakah Anda orang yang bersifat supel sehingga memiliki banyak teman? Ya, punya banyak teman memberikan beragam manfaat, selain dukungan, bantuan, namun juga kasih sayang. Saat liburan dan waktu senggang Anda pun akan lebih berwarna apabila dilakukan bersama teman-teman.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat memiliki banyak teman dalam kehidupan Anda. Penelitian teranyar itu menemukan, persahabatan lebih memiliki peran yang besar lebih dari sekedar sebagai jejaring dukungan dan sumber kebahagiaan Anda. Ya, persahabatan dapat membantu Anda memiliki umur yang panjang.

Studi tersebut dilakukan oleh para ahli dari University of Rochester, Amerika Serikat. Sebanyak 133 orang partisipan diteliti kualitas dan kuantitas hubungan yang mereka jalani selama 30 tahun terakhir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa sering para partisipan berinteraksi dengan orang-orang terdekat dan dampak yang mereka rasakan dalam kehidupan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa ketika sekitar usia 20-an, partisipan memiliki interaksi sosial yang lebih sering akan lebih mudah mendefinisikan opini, etika, dan keinginan mereka ketimbang para partisipan yang membatasi persahabatan. Dengan kata lain, mereka yang memiliki lebih banyak teman cenderung lebih mudah mengekspresikan diri mereka.

Ketika para partisipan menginjak usia 30-an, mereka yang memiliki persahabatan dengan kualitas yang lebih tinggi juga dilaporkan memiliki kadar kesejahteraan dan kesehatan yang lebih tinggi saat memasuki usia paruh baya. Akhirnya, mereka pun akan lebih bahagia dan usia harapan hidup pun akan lebih tinggi.

Disimpulkan tidak hanya gaya hidup yang baik dan sehat mampu memberi kesejahteraan dan kesehatan hingga Anda tua nanti. Ternyata, kunci kesehatan di usia lanjut berada pada persahabatan. Sehingga, jangan ragu untuk mulai mempererat hubungan persahabatan Anda mulai hari ini. (Sakina Rahma Diah Setiawan; Alvin Dwipayana; glamour dan http://female.kompas.com/read/2015/07/28/151500920/Inilah.Salah.Satu.Rahasia.Panjang.Umur?utm_campaign=related&utm_medium=bp&utm_source=female&)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close