Islam

Lidah itu kecil

Jika dipergunakan dgn tidak benar, ——> kata yang tercipta darinya lebih menyakitkan dari peluru atau pedang $ang tajam menembus tubuh, dan sebaliknya jika LIDAH DIGUNAKAN UNTUK KEBAIKAN bisa sangat menakjubkan

LIDAH ITU BISA membuat seseorang, kelompok, bahkan negara saling bertikai, berselisih faham, saling mem-bumihangus-kan, bahkah membuat “NERAKA”. NAMUN LIDAH JUGA BISA membuat Kedamaian, Ketentraman, keteduhan, kenyamanan bahkah bisa membuat “SURGA.”

BEGITU HEBAT dampak negatif LIDAH ini sampai Rasulullah bersabda: •Siapa yg beriman kpd Allah & hari kiamat, hendak lah IA BERBICARA YG BAIK dan BER MANFA’AT atau DIAM. (Hr Bukhari Muslim)
Rasulullah bersabda : KEBANYAKAN DOSA ANAK ADAM berada pada LIDAH nya,” (Hr Thabrani)

Begitu besarnya bahaya LIDAH ini sehingga bisa menggiring seseorang ke NERAKA. Juga sebalik nya, manfaat LIDAH ini bisa menggiring seseorang ke dalam SURGA. PERKATAAN, Dusta, ghibah, namimah, caci maki, dan fitnah tak pelak menggiring seseorang merasakan panasnya API NERAKA. Sebaliknya LIDAH yg berzikir mengagungkan Asma Allah merupakan salah satu PINTU MASUK SURGA.

PERKATAAN tidak terlepas dari empat hal :
1. Ucapan yg seluruh nya mengandung manfaat, dan tidak membahayakan.
2. Ucapan yg seluruh nya mudharat tapi tidak membahayakan.
3. Ucapan yg mengandung manfaat tapi membahayakan.
4. Ucapan yg mudharat & mem bahayakan.

Bagi kita sebaiknya DIAM atau jika bicara YANG MENGANDUNG MANFAAT dan tidak membahayakan agar bisa membawa kita ke surga. DIAM ——> AKAN MENYELAMATKAN KITA dari menyakiti orang lain dgn perkataan dan tentu juga dari api neraka.

Allah berfirman : TIDAK SUATU UCAPAN PUN yg diucapkan melainkan di dekatnya ada malaikat pengawas yg selalu siap (mncatat) [Qaf 50 : 18] JAGA LIDAH dari gigi atas dan bawah dari bibir atas dan bawah, katupkan !
Atur buka tutupnya, kita buka hanya pada hal2 yg brmanfaat & tidak membahayakan. (H. Moeljadi; dari grup sebelah)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close