Islam

Arab Saudi Kembangkan Aplikasi Pemantau Masjid dan Penilaian Khotbah

(news.detik.com/bbc)-Jakarta-AFP Penguasa Saudi terus berusaha mempromosikan citra Islam moderat.

Pihak berwenang Saudi merancang aplikasi ponsel yang memungkinkan jemaah mengetahui apakah khatib akan terus berkhotbah berkepanjangan.

 

Menurut Menteri Agama Abdul Latif Al-Sheikh, aplikasi itu memungkinkan upaya memantau masjid, merumuskan panjang dan kualitas khotbah “dikaji hingga menit dan detik”, lapor surat kabar Saudi Al-Watan.

 

Tidak jelas siapa yang akan melakukan pemantauan, tapi diperkirakan jemaah biasa dapat menilai  khatib berdasar sejumlah aspek. Sejak beberapa waktu, Arab Saudi berusaha memperbaharui pengajaran agama, dan terjadi perdebatan apakah isi khotbah harus diarahkan untuk membuat umat “menjauh dari pemikiran partisan, pengaruh asing, atau paham Ikhwanul Muslimin”.

 

Menteri agama mengatakan agama “bukan bidang untuk merusak pikiran orang, tidak juga membahayakan keamanan dan stabilitas negara yang diberkati ini”. Ikhwanul Muslimin dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh otoritas Saudi pada tahun 2014.

 

AFP Saudi memanfaatkan teknologi selular untuk berbagai pembaharuan di negeri itu. Sebelum aplikasi rating-khotbah itu, diluncurkan aplikasi telepon seluler lain yang memungkinkan warga Saudi menilai layanan pemerintah apa pun dari perawatan kesehatan hingga OR dan rekreasi, lapor surat kabar online Sabq.

 

Aplikasi yang disebut Watani itu disebut sebagai “aplikasi mobile yang memungkinkan warga, penduduk dan pengunjung menilai layanan publik, menilai tingkat kepuasan mereka, dan berkontribusi pada upaya terus menerus yang difokuskan pada peningkatan layanan publik”.

 

Reformasi di Arab Saudi saat ini didorong oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang berencana mengubah kerajaan dengan antara lain melakukan upaya “kembali ke Islam moderat” dan melakukan liberalisasi masyarakat secara bertahap.

 

Di sisi lain, minggu ini pemerintah Arab Saudi mengusir Dubes Kanada dan membekukan hubungan perdagangan setelah Ottawa menyerukan pembebasan aktivis hak asasi manusia di kerajaan itu. (nkn; nkn; Bahan dari :  BBC World dan https://news.detik.com/bbc/4155221/arab-saudi-kembangkan-aplikasi-pemantau-masjid-dan-penilaian-khotbah)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close