Kesehatan

Pemasangan ring di Jantung

JAKARTA, KOMPAS.com – Wapres JK menjalani pemasangan ring di RSCM Jakarta. Untuk diketahui, pemasangan ring atau stent pada jantung merupakan cara untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit atau tersumbat. Hal itu dilakukan agar aliran darah ke jantung menjadi lancar kembali.

Dokter Spesialis jantung dan Pembuluh Darah Antonia Anna Lukito mengungkapkan, pemasangan ring dilakukan melalui kateter, yakni seperti pipa dengan ukuran diameter 2 mm. Melalui arteri di pangkal tangan atau paha, kateter dimasukkan dan diarahkan menuju pembuluh darah koroner.

“Prosesnya seperti pemasangan infus,” kata Antonia saat dihubungi Kompas.com, Kamis (10/9/2015).

Setelah itu, dimasukkan balon yang kemudian dikembangkan agar pembuluh darah melebar. Barulah setelah itu, dilakukan pemasangan ring atau stent. “Balonnya tadi kemudian dikeluarkan. Lalu, dipasang stent sebagai alat penyangga dinding pembuluh darah supaya tidak menyempit lagi,” terang Antonia.

Antonia menjelaskan, penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah terjadi karena adanya plak. Dengan prosedur pemasangan ring, plak itu akan didorong ke dinding pembuluh darah sehingga tak mengganggu aliran darah.

Jika tidak ditangani, terjadinya sumbatan di pembuluh darah koroner dapat menyebabkan serangan jantung dan nyeri di dada atau angina. Dokter Spesialis jantung dan Pembuluh Darah dari RS jantung Harapan Kita Santoso Karo menambahkan, prosedur pemasangan ring pun tidak berlangsung lama.

“Tergantung keterampilan dokternya. Kalau cuma satu ring bisa hanya 30 menit,” jelas Santoso. Pasien tidak dibius total. Setelah itu pasien bisa menjalani aktivitas se-hari2. (Dian Maharani; Bestari Kumala Dewi; http://health.kompas.com/read/2015/09/10/150300723/Seperti.Apa.Pemasangan.Ring.di.Jantung.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close