Kesehatan

Waspadalah penularan flu perut

Mual, muntah, perut kram hingga buang air besar hingga dehidrasi. Hal itu merupakan gejala flu perut yang memiliki nama medis viral gastroenteritis. Banyak orang mengira keluhan itu disebabkan bakteri dan bukan virus. Faktanya keluhan muntah dan disertai lainnya bisa dipicu karena tertular norovirus.

 

Norovirus adalah jenis pemicu utama gastroenteritis pada orang dewasa. Ada juga tipe virus lain yang juga menyebabkan flu perut yaitu adenovirus dan astrovirus. Rotavirus juga jadi penyebab paling umum dari gangguan muntah pada bayi dan anak-anak.

 

Norovirus dapat menyebar seperti di tempat ramai, menyebabkan wabah di pusat-pusat penitipan anak, sekolah, kapal pesiar dan rumah sakit. Virus ini terdapat pada feses dan muntah yang kemudian tertular melalui mulut.

 

Cara penularannya biasanya dari tangan yang tidak bersih dan terkontaminasi virus tersebut. Rajin mencuci tangan setelah membersihkan feses, kotoran dan muntah adalah kunci terhindar dari virus ini.

(Mutia Nugraheni/MUT; Health.com dan http://www.beritasatu.com/kesehatan/304806-waspada-penularan-flu-perut.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close