Kesehatan

Kemungkinan dampak setelah Operasi Lasik

(m.merdeka.com)-Lasik atau laser-assisted in situ keratomileusis itu salah satu jenis operasi mata yang kini banyak dilakukan. Namun apakah operasi ini cukup aman untuk dilakukan?

 

“Berdasar pengalaman saya lebih dari dua dekade mengoperasi ini, jarang pasien mengalami rasa sakit setelah operasi kecuali bila terjadi komplikasi,” ungkap dr Douglas Lazzaro, opthamogolis dari NYU Langone Health dilansir dari New York Post.

 

Lazzaro menyebut tingkat komplikasi ini rendah yaitu di bawah %. Dari jumlah itu sebagian masalah yang dialami sebatas hanya mata kering serta berbagai masalah minor lainnya.  Berikut masalah2 yang dapat muncul dari operasi lasik:

 

1-Mata kering

Gejala ini efek samping paling umum dari operasi lasik. “Bukan hal aneh jika mengalami mata kering selama enam hingga dua belas bulan setelah operasi,” jelas Lazzaro.

 

Masalah ini disebutnya umum dijumpai pada pasien dengan usia tua karena kemampuan seseorang untuk memproduksi air mata menurun seiring waktu. Untuk mengatasi ini, dia menyarankan pasien menggunakan obat tetes mata.

 

2-Masalah Pandangan

Pada banyak kasus, lasik tak dapat mengobati masalah pengelihatan keseluruhnya. Pasien2 masih butuh untuk menggunakan kacamata baca setelah operasi. Pada beberapa kasus, pasien yang baru menjalani operasi lasik mengalami pandangan mereka jadi tampak buram. Bahkan mengalami pendar cahaya yang masuk mata serta pandangan tampak ganda.

 

3-Kesulitan Mendeteksi Glaukoma

Usai menjalani operasi lasik, akan cukup sulit mendeteksi glaukoma. Hal lain yang sulit dideteksi, jika terjadi luka pada saraf mata yang berakibat buruknya pandangan. Ketika mendeteksi glaukoma, sering diperiksa perubahan tekanan dalam mata. Lasik dapat mengubah tekanan yang ada pada mata.

 

Walau memiliki dampak pada mata, namun risiko yang dimiliki oleh operasi lasik ini tidak terlalu signifikan dan tetap patut untuk dicoba. (mdk/ RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : https://m.merdeka.com/sehat/3-dampak-yang-mungkin-terjadi-usai-menjalani-operasi-lasik.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close