Kesehatan

Waspadai Prostat kalau buang air tengah malam

Kompas-Sering buang air kecil hal yang wajar, karena sebagai efek terlalu banyak minum sebelum tidur. Namun hati2, terlalu sering ke toilet di tengah malam bisa menjadi gejala penyakit, khususnya bagi pria.

 

Keinginan buang air kecil terlampau sering tengah malam, umumnya memengaruhi setengah dari semua pria saat menuju usia 50 – 60an ke atas. Walau kondisi tubuh sehat, pria 50 tahun lebih berisiko mengalami pembesaran prostat yang dapat menekan uretra, menyebabkan dorongan kuat buang air kecil.

 

Bila Anda kerap mengalaminya, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter tentang penyakit benign prostatic hyperplasia atau BPH. BPH biasanya dapat dikendalikan dengan modifikasi gaya hidup, tetapi beberapa orang memerlukan obat-obatan untuk mengurangi gejala.

 

Ada kemungkinan BPH menjadi tanda kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, penyakit pembuluh darah, infeksi prostat, atau gangguan tidur. Sehingga, bila Anda sering buang air kecil tengah malam, dan usia sudah mencapai 50 tahun, baiknya tak diabaikan.

 

Penanganan dokter dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit yang lebih serius terkait dengan BPH, termasuk treatment hingga pengobatan yang tepat. (Ayunda Pininta; Bestari Kumala Dewi; The Sun dan http://health.kompas.com/read/2017/02/27/214241323/sering.buang.air.kecil.tengah.malam.waspadai.masalah.prostat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close