TELKOMGrup dan SEKAR

Balon Wifi pertama di Klaten

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabupaten Klaten, Jateng, jadi daerah pertama di Indonesia yang meluncurkan balon udara untuk menyebarkan akses Wi-Fi gratis.

Langkah ini termasuk program Klaten Go Online yang diprakarsai Kelompok Pengguna Linux Indonesia Klaten (KPLI Klaten), didukung Pemkab Klaten dan Telkom Kandatel Klaten.

Operations Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo mengonfirmasi, bahwa akses internet balon udara tersebut didukung oleh Grup Telkom, meliputi Telkom dan Telkomsel.

Seperti dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Klaten, balon udara Wi-Fi ini sudah beroperasi pada akhir Juli 2013 ini, bertepatan dengan HUT Klaten ke-209 tahun.

Balon udara itu kini ditempatkan di halaman kantor Pemkab Klaten dan alun-alun pusat kota Klaten. Pengguna dapat menikmati internet gratis dengan username: klaten, dan password: gooonline.

Proyek balon udara W-Fi di Klaten ini mirip Project Loon yang diprakarsai Google. Pada 15/06/2013, Google melepas 30 balon udara pemancar Wi-Fi di wilayah Christchurh, Selandia Baru. (Adytiia OPanji; Reza Wahyudi; http://tekno.kompas.com/read/2013/08/20/0950589/balon.wi-fi.pertama.indonesia.mengangkasa.di.klaten)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close