Aku cinta Indonesia

Tol Cijago akan dioperasikan pertengahan 2016

Liputan6.com, Jakarta – Pembangunan Seksi II Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) atau ruas Bogor Raya-Kukusan ditargetkan beroperasi pertengahan 2016. Ini disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono saat meninjau pelaksanaan pembangunan Seksi II Tol Cijago di Kota Depok, Jabar (2/10/15).

Basuki optimistis Seksi II Tol Cijago beroperasi pertengahan tahun depan karena dari 53 hektare luas lahan yang dibutuhkan, tinggal 2,5 hektare yang belum dibebaskan.

“Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum akan melakukan re-appraisal (penaksiran ulang) dengan menunjuk konsultan appraisal. Bulan depan konsultan akan menyampaikan hasilnya, namun tidak ada negoisasi harga lagi,” kata Basuki.

Menurut dia, penaksiran ulang dilakukan berdasarkan Undang-Undang No 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum. “Jadi (re-appraisal) sesuai dengan undang-undang,” jelasnya.

Seperti diketahui, Tol Cijago Seksi I, yakni ruas Cimanggis-Raya Bogor sudah beroperasi sejak dua tahun lalu. Seksi II, yakni ruas, Raya Bogor-Kukusan direncanakan beroperasi pertengahan 2016. Sedangkan Seksi III, ruas Kukusan-Cinere dalam tahap pembebasan.

Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang melingkar dari Bandara hingga Tanjung Priok. Jaringan JORR II merupakan lingkaran kedua dari jaringan Tol JORR.

Sekretaris Pelaksana Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Andi Sugandi menyatakan pembebasan lahan Tol Cijago yang terealisasi keseluruhan 107,14HA per Desember 2014, dari total 134,75 hektare yang dibutuhkan untuk membangun Tol Cijago sepanjang 14,68 kilometer itu. (Atem/Ndw)

Ateem Allatif; http://bisnis.liputan6.com/read/2331584/pertengahan-2016-seksi-ii-tol-cijago-beroperasi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close