Wisata dan Kuliner

Pantai Talise Palu obyek wisata terapi Asam urat dan stroke

HAMPIR tiap Minggu pagi dan hari2 biasa kawasan pantai Talise Kampung Nelayan Teluk Palu di Palu Timur dipadati ratusan warga kota palur. Tapi yang menarik sebagian pengunjung pantai ini adalah mereka yang mengalami gangguan sakit asam urat dan stroke.

 

Ada keyakinan air laut di pantai ini berkadar garam tinggi dapat menyembuhkan sakit asam urat dan juga sakit stroke. Pantai Talise Teluk Palu Kota Palu Sulsel, cukup luas namun pantai yang mereka datangi terletak di seputar Kampung Nelayan ini memiliki kadar garam yang tinggi.

 

Sehingga diyakini berkhasiat luar biasa sebagai tempat pengobatan alternatif dan banyak dari mereka yang datang dari luar dan dari sekitar kota Palu berendam di pantai ini karena menderita penyakit asam urat dan stroke menjadi sembuh. Bahkan ada yang kembali normal.

 

Amir Udit salah seorang pengunjung pantai Talise Kampung Nelayan mengatakan setiap hari ia datang untuk berendam di pantai ini karena diberitahu beberapa temannya jika pantai ini memiliki khasiat sebagai tempat pengobatan alternatif bagi mereka yang merasa mengalami penyakit rehmauthik ataupun sakit asam urat dan juga mengalami sakit stroke.

 

Juga untuk pencegahan bagi mereka yang usia tigapuluhan, sebaiknya bisa sesering mungkin untuk bisa datang berendam di pantai Talise Kampung Nelayan Palu Timur. Tempat ini gratis bagi siapa yang ingin datang berendam sebagai tempat wisata terapy alternatif.

 

Menurut Amir pantai ini tidak seperti pantai lain yang dikunjungi tiap hari libur. Namun kelebihan pantai ini air lautnya karena diyakini mengqandung  kadar garam yang tinggi dapat menyembuhkan b3erbagai penyakit khususnya penyakit reumathik , sakit asam urat dan juga penyakit stroke.

 

“Sebahagian pengunjung pantai Talise Kampung Nelayan Palu Timur Kota Palu ini mereka yang datang dari luar daerah seperti dari Jakarta, Surabaya, Makassar yang mengalami sakit reumathik, asam urat dan terserang stroke mereka datang berendam ditempat ini dan mereka merasakan mengalami perubahan berbeda saat sebelum mereka berendam” kata Amir Udit

 

Dari pantauan terlihat seorang wanita pengunjug pantai ini berendam di pantai ini, seperti mengalami stroke tangan kanannya. Beberapa pria usia lanjut dibantu keluarganya berendam di pantai yang mereka jadikan sebagai tempat pengobatan alternatif bagi penyakit reumathik, asam urat dan stroke bisa mengalami kesembuhan akibat air lautnya memiliki kadar garam yang tinggi.

 

Tempat wiasata pantai Talise Kampung Nelayan yang dijadikan wisata terapi alternatif ini, lokasinya dekat dengan lokasi penggaraman tradisional rakyat di wilayah Palu Timur ini. Penggaraman tradisional rakyat Talise Palu Timur ini sudah lama, namun dengan searah perkembangan pembangunan kota Palu, lokasi ini semakin terdesak dengan munculnya gedung-gedung Ruko bertingkat di lokasi ini.

 

Saya dan istri Minggu (11/10) pagi datang ikut berendam ditengah banyaknya pengunjung pantai Talise Kampung Nelayang sekitar dua jam dan terasa air laut di pantai ini bersih dan ketika saya berendam terasa segar.

 

Disepanjang pantai banyak terdapat pedagang jajanan pisang goreng dan minuman saraba, teh dan kopi hangat. Setelah kurang lebih selama dua jam berendam, istri saya mengajak menikmati jajanan pisang goreng dengan harga Rp 10.000/ piring dan teh hangat Rp 4000/ gelas.

 

Disekitar pantai ini terdapat tempat2 yang menyiapkan pengunjung membilas tubuh dari sisa air asin dan tempat ganti pakaian. (Elkana Lengkong;

http://www.kompasiana.com/elkanalengkong/pantai-talise-kampung-nelayan-palu-obyek-wisata-terapi-alternatif-penderita-asam-urat-dan-stroke_561a0ce9c1afbdf3068b456c)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close