Wisata dan Kuliner

Wisata ke Raja Ampat di desa ini ada penginapan murah

Raja Ampat Misool termasuk destinasi memesona yang wajib dikunjungi turis di Raja Ampat, Papua Barat. Jika menjelajah Misool, traveler bisa ke Desa Harapan Jaya yang berpanorama cantik sekaligus ada penginapan murah.

Misool satu dari 4 pulau besar di Raja Ampat. Area Misool luas dengan berbagai spot diving, snorkeling dan aneka tempat wisata menarik di daratannya. Kalau ingin berlibur ke Misool beberapa hari, cobalah menginap di Kampung Harapan Jaya.

Kampung Harapan Jaya di Distrik Misool Selatan. Kampung di wilayah pesisir ini sering disinggahi traveler lokal dari berbagai daerah yang jala2 sekitar Misool. Harapan Jaya termasuk salah satu kampung yang menyediakan homestay berharga terjangkau bagi wisatawan.

 

” Kalau di Harapan Jaya ada dua (homestay). Biasa penuh mulai bulan Oktober. Tapi turis biasa homestay itu kebanyakan tamu lokal, kalau bule jarang,” kata Saharudin Wihel, Kepala Sub Unit UPTD KKPD Misool ketika berbincang dengan detikTravel di Kampung Harapan Jaya, Raja Ampat.

Di Kampung ini salah satunya adalah homestay Harfat Jaya bertarif Rp 400 ribu/malam, mencakup makan 3x. Di sana tersedia juga cottage dengan harga lebih mahal dari homestay Rp 500 ribu per malam. Persewaan alat snorkeling dan diving juga tersedia.

 

Selain punya homestay yang mumpuni dan terjangkau, Harapan Jaya asyik didatangi karena rumah2 di kampung tertata rapi dan penduduknya ramah. Cobalah untuk jalan kaki keliling kampung. Penduduk sekitar pasti banyak yang akan menyapa dengan ramah, diajak ngobrol pun mau.

Tak hanya itu, traveler yang hobi snorkeling senang tinggal di Harapan Jaya. Perairan di sekitar kampung terlihat jernih dan terumbu karangnya cantik. Tinggal jalan kaki dari tepi pantai di Harapan Jaya bisa snorkeling. “Di sini di depan bisa snorkeling,” ujar Saharudin.

Pada malam hari traveler jangan buru2 pulang untuk tidur. Siapkan senter dan berjalan di pesisir bersama warga. Siapa tahu bisa lihat ikan hiu berjalan atau lebih dikenal dengan nama kalabia oleh warga setempat.

Kampung Harapan jaya ini mudah diakses. Wisatawan bisa naik ferry dari Sorong langsung di Kampung Harapan Jaya. Kapal ferry itu biasanya berangkat hari Selasa pukul 00.00 WIT bertarif Rp 200 ribu sekali jalan. (Kurnia Yustiana; http://m.detik.com/travel/read/2015/11/04/184036/3062261/1519/mau-menginap-murah-di-raja-ampat-tidur-saja-di-desa-ini)-FatchurR

————

 

Masih ada artikel obyek wisata dan kuliner sebagai berikut :

  1. Wisata minat khusus untuk Belanda di Jateng
  2. Bacem kepala Kambing
  3. Membikin pisang goreng bertabur kelapa ala Thailand

————-

 

Wisata minat khusus untuk Belanda di Jateng

SEMARANG, KOMPAS.com – Pemprop Jateng menawarkan paket wisata khusus pada pemerintah Belanda sebagai upaya meningkatkan jumlah wisman ke obyek2 wisata di provinsi ini.

“Paket wisata yang ditawarkan kepada Belanda lebih ditujukan wisata minat khusus seperti pendakian ke G-Merapi dan dataran tinggi Dieng, dan tinggal di Kepulauan Karimunjawa,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Semarang (20/10/15).

Ganjar menjelaskan, upaya menarik wisman, Kedubes RI Indonesia di Belanda akan mengirimkan “travel blogger” dan “travel writter” dari Belanda awal 2016 untuk melihat paket wisata minat khusus ini. Selain itu, Pemprov Jateng yang diwakili PT Taman Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratuboko juga menjalin kerja sama dengan pemerintah Belanda mempromosikan obyek wisata berupa candi2.

“Untuk memperluas promosi Candi Borobudur dipasang di media branding di KA atau trem yang ada di Belanda,”. Menurut Ganjar, peluncuran media branding Candi Borobudur pada trem2 yang berjalan di rute lokal di Rotterdam Belanda pada 10 November 2015.

 

Candi Prambanan jadi salah satu ikon pariwisata Indonesia dan kemegahannya menghadirkan daya tarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru. Ganjar mengharapkan pemasangan media branding pada trem2 itu dapat lebih memopulerkan Candi Borobudur bagi penduduk setempat sehingga jumlah wisatawan Belanda ke Jateng akan meningkat.

Selain bekerja sama mempromosikan Candi2 : Borobudur, Prambanan dan Ratuboko, Pemprov Jateng juga menandatangani kerja sama dengan pengelola Museum Militer Broonbeek. Kerja sama itu sebagai upaya peningkatan manajemen museum di Jateng, produksi konten multimedia mengenai hubungan sejarah dan budaya Belanda dan Jateng, pertukaran informasi mengenai koleksi museum, serta penyelenggaraan pertunjukan atau pameran bersama. (I Made Asdhiana; Antara dan http://travel.kompas.com/read/2015/10/23/092156827/Jateng.Tawarkan.Wisata.Minat.Khusus.kepada.Belanda)-FatchurR

————-

 

Bacem kepala Kambing

SLEMAN, KOMPAS.com-Kebanyakan orang kenal dengan olahan daging kambing berupa sate, gulai, tongseng, dan tengkleng. Tapi di daerah Sleman, di Jalan Kaliurang km. 7, gang Kenanga nomor 7, Desa Babadan Baru (belakang Pasar Kolombo) terdapat olahan daging kambing, bagian kepala yang dibacem.

 

Warung sederhana bernama Bacem Kepala Kambing H. Sukirman itu satu-satunya tempat makan yang menyediakan olahan baceman kepala kambing di Yogya. Bacem adalah masakan khas Yogya yang bercita rasa manis. Umumnya bahan makanan yang diolah bacem : tahu atau tempe. Tapi tahun 1967 warung makan ini menyajikan olahan khas satu ini.

 

Diceritakan Siti Wahyuni, generasi ketiga dari penjual bacem kepala kambing, masakan ini pertama diciptakan Kakekny, Mbah Kasan. “Sejak awal Simbah berjualan di daerah Babadan Baru sini yang dikenal sebagai sentra masakan daging kambing. Usaha ini diteruskan bapak, H. Sukirman, dan kini saya meneruskan,” ujar Siti Wahyuni.

 

Ditambahkannya, bumbu yang digunakan untuk membacem kepala kambing sama dengan bacem tahu maupun tempe. Bumbu-bumbu yang digunakan adalah bawang merah, ketumbar, salam, laos, garam gula jawa, dan asam.

 

Sebelum dimasak dengan beragam bumbu, kepala kambing terlebih dulu direndam air panas agar mudah dibersihkan dari dari bulu yang menempel dengan cara dikerok. Setelah itu, kepala kambing dibakar untuk menghilangkan bulu2 halus yang menempel pada kulit kepala.

 

Setelah itu, kepala kambing dimasak dengan beragam bumbu bacem. Untuk menghasilkan daging kepala empuk perlu waktu memasak 2-3 jam dengan menggunakan kayu bakar. Baceman kepala kambing ini tidak disajikan utuh, tapi dipotong kecil2. Setelah pembeli memesan makanan, baru daging kepala kambing dipotong, digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan.

 

Baceman ini disajikan bersama sambal yang sekilas seperti sambal kecap karena berwarna kecoklatan. Tetapi bahan untuk membuatnya adalah gula jawa yang dimasak dalam air bersama bumbu rempah, seperti daun salam, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk dan garam.

 

Untuk rasa pedasnya cabai rawit digoreng dan diulek bersama bawang putih dan dimasak bersama. Rasa baceman kepala kambing H.Sukirman ini gurih manis, dengan daging empuk, pas disantap bersama sambal rempah yang pedas-segar.

 

Untuk menambah kesegarannya disediakan timun pendamping menikmati menu ini. Pengunjung warung makan ini bisa pesan beberapa bagian dari kepala kambing, seperti otak, cingur, lidah, dan mata.

Seporsi baceman kepala kambing mulai harga Rp 25.000. Tiap hari Bacem Kepala Kambing H. Sukirman buka jam 16.00-22.00.

 

“Dalam sehari kami menghabiskan 10-25 kepala kambing, tergantung sepi ramainya pembeli,” jelas Siti wahyuni. (Tribun Jogja/Hamim Thohari; Ni Luh Made Pertiwi; Tribunne Jogya; dan http://travel.kompas.com/read/2015/10/15/180000127/Tempe.Bacem.Sudah.Biasa.Kalau.Bacem.Kepala.Kambing)-FatchurR

———–

 

Membikin pisang goreng bertabur kelapa ala Thailand

Jakarta-Ngemil pisang goreng tak pernah membosankan. Jika ingin variasi baru, cobalah pisang goreng gaya Thailand. Cara membuatnya tak beda jauh dengan pisang goreng biasa. Bedanya, ada pemakaian kelapa parut pada pisang ini. Ikuti langkah berikut.

 

  1. Siapkan bahan

Untuk membuat 20 potong pisang goreng diperlukan 10 buah pisang kepok, 100 gr tepung beras, 30 gr tepung kanji, 225 ml air, 3 sdm gula pasir, ½ sdt garam, 25 gr wijen, 35 gr kelapa parut kasar (siap pakai).
​ kering​, dan minyak goreng.

 

  1. Potong pisang : Kupas pisang dan buang seratnya. Kemudian iris memanjang jadi 2-4 bagian, sisihkan.

 

  1. Buat adonan : Campurkan tepung beras, tepung kanji, dan air, aduk hingga adonan licin. Tambahkan gula dan garam, aduk sampai gula larut. Masukkan wijen dan kelapa parut ke dalamnya, aduk rata.

 

  1. Goreng pisang : Panaskan minyak goreng yang banyak ke wajan. Celupkan pisang ke adonan tepung, lalu goreng secara bertahap sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. (http://m.detik.com/food/read/2015/05/02/114105/2903773/297/ini-4-tahapan-bikin-pisang-goreng-bertabur-kelapa-a-la-thailand)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close