Opini dan sukses bisnis

Bisnis sampingan bermodal kecil

Bisnis sampingan jadi salah satu usaha yang di geluti banyak lapisan masyarakat. Sejauh ini dari kalangan bawah hingga elit menjalankan bisnis sampingan sebagai sumber penghasilan utama dan sumber penghasilan tambahan selain dari gaji bulanan yang didapat dari kantor atau tempat kerja

 

Namun, sering calon wirausahawan terkendala dari segi modal. Untuk itu, selain saya berikan artikel khusus tentang bisnis modal kecil, juga disajikan bab khusus untuk mendapat modal agar dapat menjalankan bisnis meski anda tidak memiliki modal memadai menjalankan usaha sampingan.

 

Berikut ide usaha sampingan yang dapat di jalankan bermodal kecil hingga anda bisa berkegiatan bisnis. Dengan ber-bisnis sampingan bermodal kecil maka kita terhindar dari kerugian besar yang berakibat kita terlilit hutang hingga perasaan trauma menghantui untuk menjalankan bisnis sampingan modal kecil . Diantaranya :

 

1-Bisnis Sampingan Pulsa

Bisnis pulsa jadi salah satu jenis usaha sampingan modal kecil yang tidak menyita waktu. Banyak dari kalangan mahasiswa, pelajar, karyawan hingga ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis ini. Meski laba per transaksi tidak besar, namun dengan modal kecil, usaha jenis ini diminati wirausahawan.

 

Kemudahan menjalankan bisnis ini jadi salah satu pertimbangan karena menjadi salah  satu usaha sampingan favorit. Anda hanya perlu modal Rp. 100.000,- dan HP alat transaksi, untuk dapat menjalankan bisnis sampingan ini.

 

2-Bisnis Sampingan Online

Bisnis ini tidak pernah ada matinya. Peluang bisnis sampingan online merupakan barang lama yang belum banyak dijalankan masyarakat. Indonesia kini berpotensi pengguna internet besar, dalam jumlah besar, data dari survei 20% masyarakat merupakan pengguna internet aktif dengan berbagai keperluan.

 

Dari survey juga menunjukkan 5% transaksi yang terjadi via online. Jumlah yang sedikit mengingat betapa besar jumlah  penduduk Indonesia. Dengan keadaan yang seperti di atas, ini merupakan salah satu peluang bagus karena belum banyak yang menjalankannya.

 

Bisnis online juga tidak perlu modal besar. Anda hanya perlu menyiapkan komputer dan koneksi internet untuk menjalankan bisnis sampingan ini. Biasanya kendalanya soal kefokusan. Banyak pelaku bisnis online yang tidak fokus dan ingin sukses instan di dunia internet hingga tidak sabar dan beralih ke bisnis lain yang sudah jelas terlihat secara kasat mata.

3-Bisnis Sampingan Menjadi Penulis

Jadi penulis memang susah2-gampang. Butuh kesabaran dan tekun untuk jadi penulis yang handal. Bukan tidak mungkin jika anda ingin menjalankan bisnis ini maka anda pun bisa sukses menjalankan usaha sampingan ini.

 

Modal memulai usaha ini tidak besar, anda hanya perlu sarana untuk menulis seperti bolpoint dan kertas atau jika anda mampu bisa gunakan laptop atau PC untuk merangkai kata menjadi sebuah artikel, puisi, cerpen, novel atau karya lain yang sesuai dengan keinginan anda.

 

4-Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Bisnis ini cocok untuk pekerja, karyawan atau pengusaha yang waktunya sedikit untuk menjalankan bisnis. Bisnis sampingan ternak ikan lele menyita waktu saat pemberian pakan. Modal usaha ini kecil jika anda menggunakan terpal sebagai media hidup lele dan anda menjalankan bisnis budidaya ikan lele ini pada saat pembesaran benih hingga urutan 10.

 

Saran saya, jika anda pemula maka lakukan usaha sampingan modal kecil dahulu agar tidak berisiko kegagalan besar sehingga menanggung kerugian tidak sedikit.  (Rianda Nafisa; http://www.usaharumahan19.com/2014/05/bisnis-usaha-sampingan-modal-kecil-yang.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close