Wisata dan Kuliner

Promosoi 10 destinasi Wisata

Jakarta-Menpar Arief Yahya mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan promosi 10 destinasi unggulan wisata dan sejumlah event tahun depan. Ini mendukung target kunjungan wisman 12 juta pada 2016. Tahun 2015, diperkirakan kunjungan wisman 10 juta dengan target devisa US$ 12 miliar.

 

Destinasi wisata premium mencakup Labuan Bajo (NTT), Danau Toba (Sumut), Kepulauan Seribu (DKI), Tanjung Kelayang (Kepulauan Babel), Tanjung Lesung (Banten), Borobudur (Jateng), Mandalika (NTB), Wakatobi (Sultra), Morotai(Maluku Utara), serta Bromo-Tengger-Semeru (Jatim).

 

“Untuk mencapai target wisman 12 juta pada 2016, kami menggencarkan promosi melalui berbagai media. Terkenal saja kan tidak cukup, harus diimbangi selling yang besar. Kami sudah menentukan 10 destinasi utama, mulai dari barat hingga timur Indonesia,” ujar dia di Jakarta (10/12).

 

Menpar Arief Yahya mengatakan sebelumnya, Labuan Bajo masuk ‘radar’ Kemenpar jadi tujuan pengembangan wisata tahun depan. Bersama 9 daerah lain, destinasi wisata ini diharapkan jadi tulang punggung mendatangkan wisatawan mancanegara hingga 12 juta orang tahun 2016 atau naik 20% dari tahun ini.

 

Labuan Bajo, kata Menpar, menyimpan potensi luar biasa. Infrastruktur di wilayah ini harus lebih dikembangkan. “Kalau ada yang berminat membuat pelabuhan cruise dan yacht akan lebih baik,”.

 

Labuan Bajo di Pulau Flores itu dikenal sebagai pintu gerbang wisatawan yang ingin meneruskan kunjungan ke P-Komodo atau P-Rinca untuk melihat habitat asli komodo, kadal terbesar di dunia. Komodo ini andalan pariwisata di NTT. Daya tarik yang besar itu membuat Labuan Bajo, yang hanya desa nelayan kecil, kini berkembang pesat dan banyak kedatangan tamu2 dari berbagai belahan dunia.

 

Pihak Kemenpar mendorong event pariwisata berskala internasional untuk menarik lebih banyak wisman. Salah satu event yang digelar tahun depan : Tour de Flores (TdF). “Tugas saya memilih event terbesar apa yang bisa dijual ke wisman dan TdF ini terbagus karena paling panjang melebihi triathlon. Kita punya alasan mengandalkan ini sebagai international event,”. (Eva Fitriani/EN; Investor Daily dan http://www.beritasatu.com/food-travel/330485-promosi-diprioritaskan-ke-10-destinasi-unggulan-wisata.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close