TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom bersinergi kembangkan system distribusi pupuk

Jakarta – Sebagai wujud komitmen memajukan perekonomian, khususnya sektor maritim dan logistik Indonesia, Telkom sepakat bekerjasama dengan PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) mengembangkan sistem TI, khususnya distribusi pupuk salah satu program utama BGR 2016.

 

Penandatanganan MoU dilakukan Dir-Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin dengan Dirut BGR, Agus Andiyani di Jakarta, Jumat (4/12). M. Awaluddin menjelaskan, Telkom turut mendukung peran BGR melalui penyediaan ICT (Information and Communication Technology) yang jadi kompetensi utama Telkom; BUMN yang berportofolio solusi ICT terlengkap di Indonesia.

 

“ICT ini berupa sistem TI dengan platform dashboard (B2B2C approach) dan sistem otomasi (Machine to Machine – M2M approach). Untuk mengembangkan solusi ini, Telkom akan menggandeng anak perusahaan Telkom Group,” ujar Awaluddin yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (5/12).

 

Pengembangan di tahun 2016, tahap pertama Telkom dan BGR menjalankan pilot project transaksi digital pengecer di wilayah Lampung. Pilot project ini rencananya dilaksanakan Januari-Juni 2016. Lanjut diperluas ke 33 provinsi jadi national coverage yang terintegrasi dengan e-Payment dan trace tracking.

 

“Sinergi dua BUMN ini diharapkan berkontribusi terhadap industri Logistik Indonesia, khususnya dalam pengelolaan distribusi pupuk bersubsidi yang akan memajukan perekonomian bangsa. Telkom Indonesia untuk Indonesia,” pungkas Awaluddin.

 

Dirut BGR, Agus Andiyani mengungkap, banyak permasalahan terkait pengelolaan pupuk yang kini jadi sorotan pemerintah-masyarakat. “BGR BUMN bidang logistik berharap memberi solusi pengelolaan distribusi pupuk melalui pengembangan sistem informasi manajemen yang akan meningkatkan efektifitas dan akurasi pendistribusian pupuk,” harap Agus.

 

Cita2 pemerintah mewujudkan kemandirian ekonomi salah satunya membangun kedaulatan pangan belum terealisasi. “Dengan penyempurnaan sistem distribusi pupuk bersubsidi, akan menguntungkan pihak2 dalam track and trace availability barang secara real time online sistem,” kata Agus. (Feriawan Hidayat/FER; BeritaSatu.com; http://www.beritasatu.com/industri-perdagangan/327843-jalin-sinergi-telkom-dan-bgr-kembangkan-sistem-distribusi-pupuk.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close