Kesehatan

Diabet tinggi tingkatkan komplikasi Jantung

KOMPAS.com-Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkam risiko komplikasi serangan jantung, begitu menurut penelitian terbaru dari University of Leicester di Inggris. Para peneliti menemukan, tingginya glukosa darah menyebabkan terjadinya kontraksi pembuluh darah yang lebih kuat, sekaligus  mengidentifikasi protein berhubungan dengan peningkatan kontraksi.

 

Serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke jantung tersumbat. Kadar gula darah tinggi saat serangan terjadi akan menyebabkan penyumbatan ini semakin parah, membuat arteri berkontraksi lebih kencang, sehingga terjadi peningkatan risiko komplikasi.

 

“Penelitian kami menunjukkan kadar gula darah dapat mengubah kebiasaan pembuluh darah jadi abnormal. Ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau mengurangi jumlah darah yang dialirkan ke organ- organ penting tubuh,” kata Richard Rainbow, dosen bidang fisiologi sel kardiovaskular.

 

“Kami mengidentifikasikan protein kinase C juga berperan penting dalam proses kontraksiitu” tambah Richard lagi. Sejumlah besar orang berpenyakit jantung akan memiliki kadar gula yang tinggi yang disebabkan oleh stres. Ini berarti, meski seseorang bukan penderita diabetes, mereka tetap berisiko mengalami kenaikan kadar gula darah saat terjadi serangan jantung.

 

Manajemen stres dan pengendalian gaya hidup pasien jantung diperlukan untuk mengurangi risiko ini. Studi Lenceister ini dipublikasikan di British Journal of Pharmacology. (Lily Turangan; Bestari Kumala Dewi; WebMD dan http://health.kompas.com/read/2016/01/11/073500823/Gula.Darah.Tinggi.Tingkatkan.Komplikasi.Serangan.Jantung)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close