Kesehatan

Mengatasi nyeri leher karena kecanduan internet

Jakarta-Beragam istilah mendeskripsikan gangguan nyeri leher akibat kecanduan internet. Mulai dari text neck, tech neck, iPad neck, dan banyak lagi yang lain. Prinsipnya, kecanduan internet memaksa leher untuk lebih banyak menunduk selama memelototi gadget.

 

Posisi ini memberi beban ekstra tulang belakang, sebab saat menunduk otot leher menahan bobot kepala 3-5 kali lebih besar dibandingkan saat kepala dalam posisi tegak.

Akibatnya adalah nyeri leher. Bahkan lebih buruk dari itu, dalam jangka panjang kebiasaan menunduk bisa mengubah struktur tulang belakang secara keseluruhan. Pada kasus ekstem, bagian tertentu pada tulang belakang bisa bergeser hingga 4 cm. Mengatasinya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.

 

  1. Kurangi ketergantungan internet

Penelitian menunjukkan bahwa pengguna ponsel menghabiskan waktu minimal 4 jam dalam sehari untuk memelototi ponsel. Artinya, total dalam setahun kepala menunduk hingga 1.400 jam.

Agar tidak harus mengalami nyeri leher, langkah paling praktis adalah dengan mengurangi ketergantungan ponsel. Mengurangi frekuensi update status di media sosial misalnya, tidak terlalu sulit dilakukan namun akan sangat membantu.

 

  1. Tata ulang meja kerja

Bukan cuma ponsel, perangkat komputer di meja kerja juga bisa memicu nyeri leher selama ketergantungan pada internet tidak teratasi. Tuntutan pekerjaan kadang juga menjadi hambatan untuk benar-benar lepas dari ketergantungan tersebut.

Jika kebutuhan untuk selalu berada di depan kompiter memang sulit untuk dihindari, maka lakukan cara lain. Tata ulang meja kerja, tempatkan layar monitor pada posisi senyaman mungkin agar leher tidak terlalu pegal. Jika menggunakan laptop, tidak ada salahnya menggunakan penyangga.

 

  1. Perbaiki postur

Posisi layar di meja kerja sudah baik, tapi duduknya membungkuk atau terlalu menyandar. Kesalahan ini bila tidak dikoreksi tetap bisa menyebabkan nyeri leher. Postur ideal saat duduk juga harus diperhatikan, yakni punggung tegak namun tetap rileks.

 

  1. Olahraga

Sudah lelah memelototi gadget, masih harus olahraga apa tidak tambah pegal? Ada beberapa alasan untuk tetap menyempatkan diri berolahraga. Pertama, olahraga melatih otot agar lebih mampu menjaga postur.

 

Kedua, beberapa jenis olahraga seperti yoga bisa memperbaiki postur yang rusak oleh kebiasaan buruk akibat memelototi gadget. (AN Uyung Pramudiarja – detikHealth; http://m.detik.com/health/read/2016/04/04/083444/3178762/763/4-cara-mengatasi-nyeri-leher-akibat-kecanduan-internet

———-

 

Sajian lainnya : Takut penyakit dari garam? ini cara Rasul mengkonsumsinya
Rasul SAW bersabda : “Se-baik2 lauk adalah garam” (Al-Baihaqi); bertentangan dengan dunia medis saat ini yang mengatakan makan garam bisa menyebabkan berbagai penyakit : Darah tinggi, dehidrasi, keropos tulang dan penyakit empedu. Hal itu tidak terjadi jika Anda mengkonsumsi garam secara benar.

Begini Cara Mengkonsumsi Garam Agar Terhindar Dari Penyakit (Ala Rasul)
Jadi sesuai dengan hadist diatas yang menyatakan Garam bukanlah penyebab penyakit, tapi malah obat yang paling mujarab seandainya digunakan dengan cara yang betul. Kuncinya adalah GARAM TIDAK BOLEH DIMASAK.

 

Kesalahannya ialah kita memasak garam yaitu memasukkan garam ke dalam masakan ketika masakan sedang MENDIDIH / PANAS. Hal ini menyebabkan garam menjadi racun/toksik. Jika garam dimasak dengan cara di atas, garam menyebabkannya ber-asid dan membahayakan kesehatan dan mengundang pelbagai penyakit, selain itu kandungan yodium pada garam juga akan hilang.

Begini Cara penggunaan garam agar garam benar2 jadi obat bagi Anda, bukan Penyakit :
1. Masaklah makanan yang ingin dimasak sehingga selesai. Contohnya: sayur – masukkan garam dalam masakan apabila airnya sudah berangsur hangat.
2. Masak makanan tanpa garam! Selagi makan, sediakan semangkuk garam dan taburkan di atas makanan yang ingin dimakan sesuai selera masing2.

Garam adalah mineral bagi tubuh, “Banyak amalan yang dilakukan oleh para Salafussoleh ialah dengan mengambil garam sebelum memulai makan” Garam digunakan sebagai pembuka makan dengan mengambilnya dengan ujung jari dan dimasukkan ke mulut.

GARAM ADALAH MINERAL
Kelebihannya antara lain ialah: mengobati lebih dari 70 penyakit, serta tidak akan mengalami keadaan mati mendadak. (Rizal Fadirah Pdg Pykbuh; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close