Kesehatan

Saat anda mengonsumsi Alkohol

Tiap negara umumnya memiliki minuman beralkohol khas. Di Indonesia, terdapat minuman beralkohol tradisional seperti tuak dari pohon nira. Secara alami, alkohol diproses fermentasi karbohidrat oleh mikroorganisme. Pengaruh alkohol terhadap tubuh dikenal lama, salah satunya bisa merusak kesehatan. Beberapa agama pun melarang konsumsi minuman beralkohol.

 

Alkohol bukan zat gizi. Saat diminum, alkohol menghasilkan energi. Satu gram alkohol bisa menghasilkan hingga 7 Kilo kalori. Di dalam tubuh, alkohol mampu sebagai pelarut lemak. Kemampuan ini terjadi di dalam membran sel sehingga alkohol bisa masuk cepat ke dalam sel dan menghancurkan sel itu.

 

Selain itu, alkohol tidak mengalami pencernaan di dalam tubuh. Akibatnya alkohol pun bisa diserap dengan sangat cepat. Sebanyak 20 persen alkohol yang diminum dalam keadaan perut kosong dalam mencapai sel otak dalam waktu satu menit. Inilah sebabnya alkohol memberi efek euforia atau sangat gembira setelah seseorang mengonsumsinya.

 

Alkohol dalam dosis tinggi merusak hati karena sifat racun pada alkohol saat dikonsumsi. Akibatnya, kemampuan organ hati akan menurun dalam memproses obat2an, terutama obat penenang. Tak hanya hati, organ lain juga akan terpengaruh akibat konsumsi alkohol yang berlebihan. (By : Bebby Sekarsari; http://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/ini-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-anda-mengonsumsi-alkohol-2685.html)-FatchurR

————

 

Pengetahuan kesehatan lainnya, silahkan berikut ini :

  1. Minum air hangat
  2. Merefleksi Kaki Sendiri

————

 

Minum air hangat

Minumlah Air Hangat Setiap Bangun Tidur, Penyakit akan menjauh. Begini Caranya : Setiap kali mencerna makanan/minuman yang suhunya berbeda dari temperatur tubuh kita (normalnya 37®C) maka badan otomatis bekerja lebih keras. Air hangat membantu melancarkan kinerja tubuh dan terasa menyegarkan terutama pengidap masalah pencernaan.

Di Jepang kebiasaan lama minum air hangat saat bangun tidur. Terbukti asosiasi medis Jepang memakai terapi air hangat menangani penyakit2 kronis. Berhasil menanggulangi : sakit kepala, gangguan jantung, badan pegal linu, epilepsi, arthritis, obesitas/kegemukan, bronkitis, TBC, meningitis, asma, infeksi saluran kencing, sakit ginjal, diare, BAB, diabetes, penyakit mata, kanker, gangguan menstruasi, dan THT.

Metode terapi pengobatan: Begitu bangun tidur, minumlah 4 gelas air hangat, sebelum melakukan apa2. Sikat gigi dan bersihkan mulut, tapi jangan makan-minum hingga 45 menit kemudian. 15 menit setelah makan-minum (sarapan) secukupnya, jangan makan-minum apapun selama 2 jam berikutnya.

Perhatikan daftar di bawah ini yang menunjukkan jumlah hari dalam penanganan terapi air hangat ini, yang terbukti menekan dampak penyakit secara signifikan: Konstipasi (susah BAB): 10 hari; Lambung/pencernaan: 10 hari; Darah tinggi: 30 hari; Diabetes (gula darah): 30 hari; Tuberculosis: 90 hari dan Kanker: 180 hari (6 bulan).

Serangan jantung tidak selalu dirasakan melalui tangan kiri, waspadai sakit di daerah rahang. Seringnya berkeringat pertanda gangguan jantung dari penderita penyakit jantung yang menyerang saat tidur dan tidak bisa bangun. Harap berhati-hati jika tiba-tiba ada rasa nyeri di bagian rahang.

Makin banyak kita tahu, makin besar kemungkinan menghindari penyakit, insyaallah. (Mbah Marhaen; dari grup WA 78/79)-FR

—————

 

Merefleksi Kaki Sendiri
Duduklah di kursi dengan nyaman, lalu taruh kaki kanan di atas paha kiri Anda. Pijat seluruh bagian kaki Anda, dari tumit hingga ibu jari (jempol) menggunakan jempol tangan kiri Anda. Lalu beralih ke jari-jemari. Ketika sampai pada ujung jari, putar seluruh jari kaki memakai jempol dan jari telunjuk.

 

Lakukan hal ini pada tiap jari. Setelah itu, pegang semua jari-jemari kaki dalam satu genggaman, kemudian tekuk ke arah telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian untuk membuatnya lentur dan rileks. Tahap terakhir, tekan seluruh permukaan telapak kaki Anda, lalu goyang-goyangkan dan diakhiri dengan memutar pergelangan kaki beberapa kali. Ulangi gerakan di atas pada kaki kiri Anda.

Mengurangi rasa sakit akibat premenstrual syndrome (PMS). Rasa kram akibat PMS mungkin bisa diatasi dengan menekan salah satu lekukan kaki Anda, tepatnya di belakang tonjolan pergelangan kaki. Lalu, tekan bagian tengah jempol kaki memakai tangan Anda lainnya. Pijatan ini mungkin bisa merelaksasi ovarium, uterus, dan kelenjar hipotalamus (kelenjar yang mengatur hormon).

Agar tidur nyenyak.  Susah tidur? Anda mungkin bisa melakukan tekanan pada kedua jempol Anda, tepatnya di bagian bawah ujung jempol kaki Anda. Setelah itu gosok sisa permukaan jempol untuk merelaksasi tubuh Anda. Mengatasi masalah pada sinus dan sakit kepala akibat hidung tersumbat. Coba menjalankan jari-jemari Anda secara perlahan dengan penuh tekanan di seluruh telapak kaki.

Tubuh berenergi. Lupakan minuman penambah energi, dengan memberikan tekanan pada bantalan kaki (di atas lengkungan telapak kaki Anda) memakai jempol, tubuh mungkin bisa melepas hormon adrenalin yang dapat membuat Anda bugar seketika.

Harus diketahui, refleksi kaki tidak bisa mengatasi permasalahan pada kaki seperti kapalan, kutil, atau kuku kaki tumbuh ke dalam. Metode ini tergolong aman, meski begitu ada beberapa orang yang mungkin merasakan ketidaknyamanan karena tekanan yang terlalu keras. Jika Anda ingin mengatasi kondisi kesehatan yang serius, disarankan untuk tidak melakukan refleksi kaki dengan tangan sendiri. Dianjurkan untuk mengonsultasikan pada ahlinya. (SSA; dari grup WA VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close