Kristiani dan HinduWisata dan Kuliner

Tujuh Gereja eksotik dan unik di Indonesia

Bulan Desember (dua bulan lalu) itu bulan yang di-tunggu2 seluruh umat Nasrani di berbagai wilayah, salah satunya umat Nasrani di Indonesia. Bulan Desember ditunggu-tunggu? Karena  pada bulan Desember terdapat perayaan hari besar umat nasrani yaitu Natal.

 

Gereja erat hubungannya bila kita bahas Natal karena gereja merupakan lokasi misa perayaan Natal dilaksanakan. Orang2 yang ingin merasakan nuansa Natal berbeda akan mendatangi gereja2 baru yang menurutnya memberi pengalaman Natal menyenangkan dan unik. Ada gereja2 unik dan eksotis bahan referensi traveler yang memilih merayakan Natal, siapa tahu bisa sekalian traveling

 

Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran

Siapa tak kenal daerah Ganjuran yang terkenal sebab banyak orang dengar istilah ‘gereja bercandi’. Tepat sekali, Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran ini bercandi yang di dalamnya terdapat patung Yesus berpakaian jawa. Menurut kabar, Gereja Ganjuran ini contoh gereja yang didasari alkuturasi budaya.

 

Gereja Pohsarang Kediri

Tidak jauh beda dengan Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran, Gereja Poh Sarang Kediri ini dibangun berbudaya jawa yang kental. Banyak pengunjung yang datang dari luar kota mengunjungi Gua Maria di gereja ini. Mereka berkunjung ingin melihat Gua Maria di gereja ini, Karena Gua Maria yang ada di Gereja Poh Sarang Kediri ini menyerupai Gua Maria yang berada di Lordes.

 

Gereja Santa Maria De Fatima Jakarta

Ada salah satu gereja di Jakarta yang bangunannya merupakan gaya arsitektur Tionghoa lho, traveler. Karena memang bangunan gereja itu bernama Gereja Santa Maria De Fatima. Keunikan dari gereja ini, biasanya umat merayakan misa menggunakan bahasa mandarin lho traveler.

 

Gereja St. Yusuf Cirebon

Gereja St. Yusuf Cirebon ini yang tertua di Jabar. Bangunan ini peninggalan Belanda, jadi bisa disimpulkan bahwa gaya arsitektur yang ada di bangunan Gereja St. Yusuf ini merupakan gaya Belanda kuno. Kini gereja tersebut sudah dimasukkan ke dalam kelompok cagar budaya.

 

Gereja St. Laurensius Tangerang, Banten

Melihat gambar atau foto gereja ini tak akan percaya kalo gereja ini di Indonesia apalagi di Tangerang. Karena Gereja St. Laurensius ini merupakan bangunan gereja baru berbentuk menyerupai kastil2 di negeri dongeng. Ini satu2nya gereja yang di prop. Banten namun di bawah Keuskupan Agung Jakarta.

 

Gereja Santo Fransiskus Asisi Brastagi

Semua orang yang pernah mengunjungi Sumut tahu daerah Brastagi. Di Brastagi terdapat salah satu gereja unik dan eksotik : Gereja Santo Antonius Asisi. Gereja ini inkulturatif karena menggabungkan dua budaya jadi satu. Bisa traveler lihat bangunannya menyerupai bangunan rumah adat Batak Karo.

 

Gereja Palasari Bali

Bali identik dengan pura. Maka tak heran bila bangunan gereja di Pulau Dewata itu menyerupai pura. Salah satu bangunan gereja yang terkenal menyerupai pura dan memiliki gapura bergaya Bali adalah Gereja Palasari. Gereja ini dibangun 1955. Itu tadi tujuh gereja yang unik dan ekstotik. (http://www.travelmatekamu.com/2014/12/12/7-gereja-unik-nan-eksotik-yang-ada-di-indonesia/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close