Wisata dan Kuliner

Kopi Lembut Bakir Khas Pasar Sawah Luwijaya

(suaramerdeka.com)-    LUWIJAYA; Pasar Sawah Luwihjawa di Desa Luwijawa, Kec-Jatinegara, Kab-Tegal menyajikan menu khas dan istimewa, kopi Lembut Bakir Luwihjawa. Keistimewaan itu ada pada kopi dan durian yang dijual pedagang2 Pasar Sawah.

Pemkab Tegal menjadikan pasar sawah ini destinasi wisata desa ini yang mencontoh pendahulunya, Pasar Slumpring, Desa Cempaka, Kec-Bumijawa. Kopi dan durian pada Pasar Sawah itu khas hasil kekayaan bumi di Desa Luwijawa tersebut yang menjadi pembeda dengan Pasar Slumpring.

“Yang membedakan di sini kopi dan durian. Kalau untuk jajanan tradisional hampir sama semua dengan Pasar Slumpring. Cara bayarnya sama, pake koin. Kami di sini mencontoh,” ujar Kades Luwijawa, Agus Suprayitno.

Menurutnya, kopi arabica yang ringan di tenggorokan dan lambung saat diminum itu : Kopi Lembut Bakir. Bibit kopi asal Lampung dan mulai ditanam di Desa Luwijawa tahun 2000. Munculnya nama Kopi Lembut Bakir itu berasal dari petani kopi : Wasto yang rela pergi ke Lampung membudi daya di tanah Desa Luwijawa.

“Kalau tidak salah sejak 2000. Dia (Wasto) ambil bibit ke Lampung. Karena diproses tanamnya secara alami gak aneh2, kopi ini terasa lebih ringan saat dinikmati” cerita Agus. Kopi Lembut Bakir belum dijual secara meluas ke daerah2 lain. Kopi khas itu hanya dijual di sekitar wilayah Kecamatan Jatinegara.

‘’Kemasan kopi kami jaga kemurniannya dengan bungkus kertas. Kami akan memberi nama khusus untuk kopi ini. Istilahnya, akan di re-branding agar bisa dijual meluas dan nama Luwijawa jadi terkenal,” kata Agus.

Untuk buah durian, bibit menggunakan varietas lokal Luwijawa. Rasa durian Luwijawa yang hanya berasal dari satu pohon ini berasa lezat, bahkan beberapa kali memenangi kontes durian.

“Kami kurang ngerti nama varietas duriannya dan baru satu pohonnya di sini sehingga sspesial. Sebab, durian lain pakai bibit varietas lain” sambung dia. Distan Provinsi Jateng akan memperbanyak pohon durian itu. (Dwi Putra GD/CN19/SM Network; Bahan dari : https://www.suaramerdeka.com/travel/baca/173188/kopi-lembut-bakir-khas-pasar-sawah-luwijawa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close