Wisata dan Kuliner

Keindahan Gua Kudahaya Hulu Sungai Tengah

Barabai, Kalsel-Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Hulu Sungai Tengah, Kalsel, memperkenalkan keindahan Gua Kudahaya, Desa Cukan Lipai, Kec-Batang Alai Selatan. Ketua HPI Hulu Sungai Tengah (HST) Endang Sri Wijayati, mengatakan, keindahan Gua Kudahaya merupakan salah satu yang mulai dikenal warga sekitar.

“Informasi dari mulut ke mulut, gua itu indah, dan layak dikembangkan jadi salah satu pariwisata alam andalan daerah,” katanya di Barabai (26/3). Memastikan hal itu, kata dia, timnya telah melakukan survei untuk melihat secara langsung keindahan gua yang ada di Kecamatan Batang Alai Selatan.

Menurut Endang, banyaknya kawasan alam yang berpotensi wisata di Kab-Hulu Sungai Tengah, yang kini terus digali dan dikembangkan oleh HPI. Selain gua tersebut, tambah Endang, pihaknya juga melakukan ekplorasi kawasan alam lainnya, yang masih perawan di kabupaten HST.

“Informasi keindahan alam wisata Gua Kudahaya Desa CUkan Lipai ini, diperoleh dari masyarakat lewat media sosial, sehingga kita lakukan survei untuk melihat potensinya,” katanya. Survei tersebut, tambah dia, dilakukan bersama anggota pencinta alam, atau yang memiliki hobi ekplorasi alam.

“Dari teman2 pecinta alam, diharapkan dapat menginformasikan ke teman2 mereka, bahwa HST memilki potensi wisata gua yang bagus,” katanya. Melalui potensi wisata alam yang akan terus dikembangkan, HPI berharap, minat masyarakat baik dalam maupun luar daerah akan terus bertambah.

Meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke HST, dipastikan akan banyak membawa dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitara wilayah wisata. Salah seorang guide Gua Kudahaya, Toni mengatakan, menuju ke gua tersebut, wisawatan harus menempuh jalan yang cukup sulit.

“Jalur ke gua ini sulit ditempuh, sehingga sebaiknya wisatawan mengajak warga lokal agar tidak tersesat, apalagi gua ini termasuk luas dan memiliki berbagai macam jalur yang menantang untuk dijelajahi,” katanya. (/FER; ANTARA dan http://www.beritasatu.com/destinasi/356858-hulu-sungai-tengah-promosikan-keindahan-gua-kudahaya.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close