Kesehatan

Kolesterol Mitos dan fakta

Boeat yang abis medcheck dgn hasil angka kolesterol tinggi : “Mitos dan fakta tentang cholesterol” Pada umumnya kita “ketakutan” kalau dengar “cholesterol” lantas menghubungkannya dengan “serangan jantung” dan “stroke”.

Lalu kita buru2 check lab. Atau ada yang pantang makan kuning telur, kalau dikasih telur lantas cuma putihnya dimakan, kuningnya dibuang. Atau tidak mau makan telur puyuh karena konon katanya cholesterolnya tinggi.

Ini cuplikan tulisan Uffe Ravinskov, dari bukunya ‘The Cholesterol Myths’, updated by Ben Kim, 14/7/11.
Dengan beberapa tambahan untuk menyesuaikan dengan kondisi kita umumnya.
1) Cholesterol bukan racun yang berbahaya; sebaliknya cholesterol adalah zat yang sangat penting untuk berbagai proses dalam tubuh kita.

2) Anda mau makan banyak cholesterol atau pantang, tidak ada bedanya. Karena harus ada kadar tertentu dalam tubuh kita, maka jika anda berpantang cholesterol, hati Andalah yang akan memproduksinya untuk mencukupi kebutuhan, jika anda makan banyak cholesterol, hati anda tidak menambah dengan memproduksinya sendiri.

3) Cholesterol tinggi tak terbukti menaikkan serangan jantung, sebab frekuensi serangan jantung sama banyak dengan yang cholesterolnya rendah.

4) Obat khusus penurun cholesterol tak terbukti menurunkan angka serangan jantung secara bermakna, malah pada beberapa kejadian meningkatkan potensi kanker dan batu empedu. Obat Statin (Lipitor dll), misalnya, bisa menurunkan angka serangan jantung tapi bukan karena ia menurunkan cholesterol tapi karena efek mengencerkan darahnya.

5) Bagaimana dengan LDL dan HDL? Jangan salah artikan dengan cholesterol jahat dan cholesterol baik sebab keduanya bukan cholesterol. Keduanya adalah lipoprotein yang fungsinya mengangkut cholesterol dalam aliran darah. Keduanya mengangkut jenis cholesterol yang sama. Yang potensial berbahaya bukan LDL dan HDL tapi cholesterol yang rusak (damaged cholesterol).

Rusaknya cholesterol antara lain karena:
a) pemanasan berlebihan atas daging dan minyak, misalnya melebihi suhu 120 Celcius dalam jangka lama seperti pada menggoreng dan membakar jangka lama.
b) tercampurnya protein dan lemak hewani oleh zat-zat yang merusak, seperti pada minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali atau gosong (minyak goreng idealnya digunakan utk sekali pakai).

c) kondisi mental yang stres yang menyebabkan meningkatnya hormon kortisol dan turunannya metabolisme cholesterol yang menyimpang sehingga menghasilkan sisa cholesterol yang rusak. Stres memicu diproduksinya trigliserida secara berlebihan, padahal sisa kelebihannya itulah yang merusak.

LDL adalah yang bertugas membawa semua jenis cholesterol, termasuk cholesterol rusak ini untuk difungsikan. Cholesterol rusak inilah yang menyebabkan penimbunan plak dan mengakibatkan serangan jantung, jadi bukan salahnya LDL.

HDL berfungsi membawa balik semua jenis cholesterol, temasuk cholesterol rusak, yang tak terpakai dalam proses energi, kembali ke hati. Jadi tampaknya HDL punya tugas ‘mulia’ sebab menurunkan cholesterol dalam darah.

Karena itu yang sangat esensial bukanlah ‘berapa besar kadar cholesterol’ tapi ‘berapa banyak cholesterol rusak yang masuk tubuh anda’ serta seberapa banyak trigliserida diproduksi oleh hati.

Pedoman LDL minimal dan HDL maksimal hanya demi mencegah cholesterol rusak dan trigliserida terlalu lama berada dalam aliran darah. LDL diusahakan minimal: secukupnya asal proses metabolisme energi bisa jalan, HDL diusahakan maksimal agar segera setelah proses energi selesai, sisa cholesterol segera dibawa kembali, masuk ke hati. Idealnya dianggap aman jika kadar HDL berbanding cholesterol > 25%, dan Trigliserida berbanding HDL < 2.

Jadi bukan kadar mutlak cholesterol atau trigliserida tapi perbandingannya dengan HDL.
Jika cholesterol anda rendah, anda berpotensial terserang depresi dan stroke serta gangguan hormon lain, sebab bahan baku hormon adalah cholesterol. Cholesterol rendah juga mengakibatkan kekurangan vitamin D,, maka anda juga potensial pengeroposan tulang dan gangguan syaraf.

Umumnya angka cholesterol berkisar antara 150 – 350 masih aman (sejauh perbandingan dengan HDL terpenuhi). Anjuran membatasi kadar LDL dibawah 100 tidak didukung oleh fakta penurunan angka serangan jantung.

 

Ini dicurigai merupakan akal-akalan (trik Marketing) pabrik farmasi saja. Trigliserida esensial untuk sumber energi. Jika trigliserida anda terlalu rendah, potensial timbul kekacauan metabolisme sebab badan akan ‘kebingungan’ mendapatkan sumber energy.

 

Akibatnya akan membongkar sumber energi darurat badan sehingga malah menimbulkan zat keton yang meracuni syaraf dan otak. Sejauh perbandingan trigliserida berbanding HDL kurang dari 2, itu sudah memadai.

Bagaimana meningkatkan HDL dan mempertahankan perbandingannya dengan cholesterol dan trigliserida yang ideal?
1) makanlah mayoritas sumber protein dan lemak asal tanaman: sayur berwarna hijau tua, wortel, tomat, buah (alpukat), kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian, beras dan gandum yang masih berkulit ari, kelapa.

 

Dari sumber hewani: telur lengkap (putih dan kunin telur), ikan air laut. Hati-hati, yang berbahaya dari telur dan ikan adalah jika diternakkan dengan pakan pellets, sebab umumnya mempunyai kandungan antibotika dan hormon pertumbuhan. Yakinkan bahwa sumber pakannya organik.

2) Hindari makanan gosong, penggunaan minyak goreng yang gosong, daging yang diolah pada suhu tinggi dan proses pemasakan lama dan sumber makanan yang sudah membusuk walau hanya sebagian.

3) Tetap beraktivitas dan latihan fisik teratur dan terukur, cukup tidur malam, tidur siang yang memadai, kelola stres dengan bijak, hiduplah bermasyarakat secara sehat. Dan jangan kuatir terpapar sinar matahari asal tidak berlebihan.

4) Hiduplah harmonis bersama alam, tidak usah mencoba melakukan modifikasi atas apa yang sudah diberikan alam: makanlah telur, kuning dan putih bersama. Memang sebaiknya jangan diolah sampai matang betul (hard boiled) atau digoreng (jika hendak diceplok atau didadar, pakai minyak baru dan segera diangkat).

 

Tapi masaklah bersama lauk biasa yang digodok atau rebus 3/4 matang saja. Untuk anda ketahui saja, jika kita makan hanya putih telurnya, anda akan terpapar zat kimia anti-vitamin B6 sehingga badan anda bisa defisit vitamin ini. Pada kuning telurlah terdapat zat kimia yang menetralkan zat anti vitamin B6 itu.

Makanlah ikan atau daging apapun sejauh berasal dari peternakan organik (bukan pellets atau ‘fur’) dan hendaknya dimasak dengan suhu sedang (kurang dari 120 Celsius, artinya bukan digoreng atau dipanggang, tapi dimasak dalam kuah: digodok).

 

Sekali lagi yang menentukan bukan macam ikan atau daging atau telur, melainkan bagaimana ia diolah, yaitu dengan menghindari rusaknya cholesterol karena suhu tinggi atau efek pakan ternak yang penuh suplemen kimia yang mengubah sifat alami cholesterolnya.

Mohon teman yg berprofesi dokter, atau teman yg punya pengalaman tentang Cholesterol memberikan input. Banyak dari teman kita yg punya kadar cholesterol tinggi perlu mengetahui hal hal diatas dan apa relevansinya terhadap serangan jantung. Sekaligus menyadari efek samping dari obat2 “pengatur” statin. Thanks.

Mencegah lebih baik dari mengobati, salah satunya adalah sikapi hidup dgn bersukacita / gembira & menjalankan pola hidup yg sehat & baik. (Mudahan; dari grup WA-72l sumber dari https://groups.yahoo.com/neo/groups/Batch44UI-Penyusunamdal/conversations/messages/47)-FR

———–

 

Sajian kesehatan lainnya :

  1. Cara Mandi Bagi SENIOR
  2. Cobalah konsumsi Raw food

———–

 

1-Cara Mandi Bagi SENIOR, Usia diatas 55Tahun.
Pertama:
Pd waktu masuk Kmr mandi sbaiknya pintu kmr mandi nya tdk dikunci. Kasih petunjuk bhw kmr mandi sdg “DIPAKAI”. Masuk ke kmr mandi tdk tergesa-gesa, tetap menjaga keseimbangan tubuh.

Kedua:
Tdk memakai sendal karet yg rawan terpeleset ketika masuk kmr mandi.
Jika lantai kmr mandi licin terkena air sabun, segera guyur lantai itu spy tdk licin.

Ketiga:
Ketika melepas celana atau memakai celana setelah selesai mandi, hendaknya berpegang pd dinding kmr mandi utk menghindari kehilangan keseimbangan.

Keempat:
Jika mandinya hrs duduk, jangan gunakan kursi plastik krn kaki kursi plastik mudah slip shg bisa terjatuh.

💐 Kelima:
Cara mandi yg benar, pertama siram bagian telapak kaki. Kmd berturut turut siram bagian betis, bagian paha, bagian perut dan bagian pundak. Setelah itu berhenti sejenak sekitar 5 sampe 10 detik. Saat itu kita akan merasakan spt uap atau angin keluar dr ubun-ubun, bahkan terasa merinding pd tubuh.

 

Setelah itu baru dilanjutkan mandi spt  biasa….(Cara dmkian diperkuat oleh Penelitian Dokter dan Praktisi Chi kung). Pola mandi spt itu baik bg semua umur, terutama bg org yg memp Penyakit “Diabetes, Hipertensi, Kolestrol, dan Migran”.

Keenam:
Jika mau berenang, sebaiknya jangan langsung menyelam; tapi lakukan tahapan spt Pola Mandi di atas.
Ketujuh:
Klo baru tiba dr bepergian jauh, kmd setelah beristirahat sejenak Mau Mandi;  sbaiknya tdk memakai air dingin. Krn setelah selesai Mandi bisa kedinginan, dan nafasnya menjadi tersengal-sengal.
Hal ini berisiko Bagi Penderita sakit jantung. (Bagoes; dari grup WA-72l sumber dari )-FR

———

 

2-Cobalah konsumsi Raw food

Merdeka.com-Untuk meningkatkan kesehatan tubuh, demam konsumsi makanan sehat termasuk raw food sedang booming. Kini banyak ditemui resep raw food hingga mereka yang belajar untuk menjadi seorang chef raw food.

Nama raw food mungkin terdengar asing. Hal yang anda ketahui tentang raw food adalah anda diajak  mengonsumsi makanan mentah. Padahal raw food tak melulu mengonsumsi makanan mentah. Mengolah makanan dengan proses sederhana dan suhu tidak terlalu panas karena bisa merusak nutrisi makanan juga termasuk dalam raw food.

Lantas, apa manfaat yang bisa didapat dari pola makan ini? Yuk, intip penjelasannya berikut.

  • Saat mengonsumsi raw food, semua nutrisi serta serat di dalamnya akan mendorong racun keluar dari dalam tubuh. Sehingga semua sistem dalam tubuh seakan dibersihkan dari dalam.
  • Semua sistem dalam tubuhmu terutama sistem pencernaan akan berterima kasih akan pola makan raw food yang kamu ikuti. Sebab makanan ini bisa menghapus semua racun dan sisa makanan yang tidak sempat keluar dengan baik.

 

  • Kamu sering mengalami pusing dan mudah lelah? Well, ada baiknya kamu mencoba untuk mengikuti pola makan raw food. Sebab racun yang menjadi penyebab kamu sering pusing akan keluar karena dorongan raw food.

 

  • Menumpuknya racun ditubuh juga mampu melemahkan sistem pertahanan atau sistem kekebalan tubuh. Namun saat kamu mencoba pola makan raw food dan semua racun itu keluar, maka sistem kekebalan tubuh kembali menguat.

 

  • Anda merasa selama ini tubuhmu kekurangan serat? Cobalah pola makan raw food. Sebab sayuran dan buah yang menjadi menu utama dari raw food tentu saja tinggi akan serat.
  • Tak hanya baik untuk sistem pencernaan saja, pola makan raw food juga bisa memperbaiki kehidupan seksual lho.

 

  • Saat dilakukan bertahap, pola makan raw food mampu membuat kulitmu jadi lebih cantik bersinar. Tentu saja hal ini menjadi berita baik bagi kalian para wanita.

Selain manfaat sehat, dengan menerapkan pola makan raw food anda bisa lebih menghargai alam.

 

Sebab alam yang segar dan sehat dibutuhkan untuk menumbuhkan sayuran atau buah dengan kualitas yang baik. (Feb / Febrianti Diah Kusumaningrum; http://www.merdeka.com/sehat/7-alasan-kenapa-kamu-harus-coba-konsumsi-raw-food.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close