Wisata dan Kuliner

Bali dicanangkan jadi Pulau Organik

Denpasar-Pemprov Bali, berencana menjadikan daerahnya pulau organik. Selain terkenal dengan destinasi wisata yang indah, Bali juga disiapkan sebagai sentra organik. Dengan begitu, wisatawan dalam dan luar negeri lebih tertarik berkunjung ke daerah ini.

 

“Pemikiran ini merupakan gagasan Gubernur Bali Made Mangku Pastika agar masyarakatnya sehat dan wisatawan atau orang yang datang ke P-Dewata makan sayur, buah dan nasi sehat,” kata Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Provinsi Bali, Ketut Wija, di Denpasar, Kamis (2/6) siang.

 

Usai menghadiri acara Indonesia Marketeers Festival (IMF) 2016 itu, Ketut Wija, mengatakan, selain berkunjung ke Bali untuk melihat budaya dan atraksi budaya, wisatawan dapat menikmati udara segar tanpa adanya polusi sehingga terwujudnya masyarakat yang sehat.

 

Selain itu, Bali memiliki wacana akan mengalihkan kendaraan yang menimbulkan polusi menjadi kendaraan green energy, sehingga masyarakat di P-Dewata jadi lebih sehat. “Kami mengharapkan Bali menjadi pusat green energy yang diwacanakan Kementerian ESDM,” ujarnya.

 

Dengan upaya ini, Bali akan lebih diminati wisatawan terus berkunjung. Hal itu, kata Ketut Wija, karena tren dunia dan pariwisata yang berkembang ke depannya ingin alam sehat, lestari dan indah. “Apabila makanan mengandung zat kimia ini kita ganti makanan organik, maka masyarakatnya sehat,” ujarnya.

 

Ketut Wija mengakui, Bali memiliki branding yang dikenal ke mancanegara. Namun, harus terus dipromosikan kembali destinasi baru, sehingga lebih dikenal ke Dunia. Bali, kata Ketut Wija, memiliki tiga kekuatan utama yakni sumber daya manusia ramah dan menerima tamu dari daerah2 dan negara2.

 

Kemudian, Bali memiliki budaya yang unik, adiluhung, hebat, berkembang dan dinamis yang tercetus dari sumber daya manusianya. Selanjutnya, alam Bali yang indah sehingga membuat wisatawan terkesima dengan Pulau Dewata.

 

“Dari tiga kekuatan Bali ini, merupakan spirit dari tercetusnya konsep Tri Hita Karana, yang akan terus diperkuat dengan Bali ingin menjadi pulau organik,” ujarnya. (I Nyoman Mardika/FER; Suara Pembaruan dan http://www.beritasatu.com/destinasi/368011-provinsi-bali-akan-dicanangkan-sebagai-pulau-organik.html)-fatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close