Selingan

Hal2 yang harus dihindari selama Ramadhan

  1. Jangan tidur di siang hari dan sholat sepanjang malam. Dengan cara itu anda membalik siang jadi malam dan malam jadi siang, yg bukan merupakan tujuan puasa.
    2. Jangan bermalas-malasan dan tak berbuat apa-apa di siang hari.
    3. Jangan buang waktu main ‘game’ di siang hari. Lebih baik dan lebih banyak ibadah kepada Nya.
  2. Hindari pesta2 berbuka puasa. Ramadhan tak dimaksud kan sebagai ‘bancaan’ / ‘food extravaganza’.
    5. Jangan minta istrimu menghabiskan Ramadan di dapur. Makanlah sesuatu yg ringan dan cepat. Biarkan dia pun banyak berdoa’a dan memanfaatkan Bulan Pengampunan itu.
  3. Gunakan 10 hari terakhir untuk beribadah kpd Allah daripada mencoba mempersiap kan Idul Fitri! Satu hari yg lebih baik dari 1000 bulan terdapat di antara 10 hari itu. Jangan kehilangan kesempatan itu.
    7. Jangan berjaga sepanjang malam. Badan berhak istirahat, dan bila ia butuh istirahat, istirahat lah.
    8. Hindari silaturohim berlebihan setelah Tarawih.
    9. Hindari banyak belanja di bulan Ramadhan.10. Jangan makan sepanjang malam.
    11. Perbanyaklah ibadah kepada Allah, bukan berkeliaran semalaman.
    12. Idul Fitri tak butuh banyak persiapan. Jangan masuk jebakan itu! Biasa saja, itu lebih diberkati.

    Kesalahan umum saat Ramadhan:
    1. Minum Milkshakes dengan sirup dll setiap hari.
    – Alasan: Itu mengandung banyak gula, pengawet dan pewarna. Itu tak sehat
    – Solusi: Kalau merasa harus, minumlah air putih hangat.

    2. Minum banyak air saat berbuka.
    – Alasan: Memenuhi lambung dengan air lebih membebaninya daripada dengan makanan.
    – Solusi: minumlah beberapa teguk saat berbuka, lalu segelas setiap 2 jam.

    3. Olahraga langsung setelah berbuka.
    – Alasan: saat itu aliran darah terpusat disekitar lambung.
    – Solusi: Olahragalah dua jam setelah Tarawih, baik untuk baik bagi pencernaan.

    4. Mengunyah dan menelan makanan dengan cepat.
    – Alasan: mengunyah makanan secara perlahan 33x untuk memudahkan penyerapan pencernaan dan membantu menjaga berat badan.
    5. Makan makanan penutup langsung setelah berbuka.

    – Alasan: Itu bikin pusing dan ngantuk.
    – Solusi: Makanan penutup (buah2an/sayuran) sebaiknya dimakan sebelum berbuka / saur. Agar Lambung ber pH basa supaya anda tetap segar dan terjaga kesehatannya untuk sholat Isha dan tarawih.

    6. Mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi (asin).
    – Alasan: Garam memicu rasa haus sepanjang siang saat puasa.
    – Solusi: sebaliknya, makan makanan yg banyak mengandung potassium, itu menahan air dan menekan rasa haus.

    # Pisang ber-potassium tinggi. Makan pisang saat Sahur dapat mngontrol tingkat haus anda sepanjang hari.
    # Sumber potassium untuk Sahur:
    – pisang
    – korma
    – alpukat
    – buah persik/peach kering
    – kacang pistachios
    – labu kuning
    – kacang polong
    – chocolate pahit

    # Terburuk untuk Sahur:
    – biryani
    – kebab
    – pizza
    – makanan2 siap saji
    – keju
    – haleem?

    # Terbaik untuk Sahur:
    – kentang
    – nasi
    – korma
    – roti gandum utuh
    – pisang

# Minum banyak air saat Sahur sangat penting, tapi bukan berarti harus minum sampai 2 liter.

 

Catatan : Minum kopi dan teh, bisa mengurangi cairan tubuh. Sebaiknya hindari minuman tersebut atau setelah meminumnyaikuti dengan air putih hangat (Soenarto SA; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close